Peduli Pendidikan, TNI Dirikan Taman Baca di Perbatasan TTU

Kefamenanu, Ekorantt.com – Untuk meningkatkan prestasi dan wujudkan pendidikan bagi pelajar di Perbatasan NKRI-RDTL, anggota TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, didirikan Taman Baca Desa Manusasi, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Sabtu, (25/10/2019).

Selain itu, pendirian taman baca tersebut adalah bagian dari mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya masyarakat di perbatasan, sebagai garda terdepan Indonesia. Hal ini sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo yaitu “SDM unggul Indonesia Maju.”

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL, Yonif 132/BS, Letkol Inf. Wisyudha Utama mengungkapkan, taman baca ini merupakan salah satu cara untuk membuat minat baca masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa yang berada di wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste, dipupuk sejak dini.

Taman baca ini didirikan di seluruh jajaran Pos Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Sektor Barat yang meliputi wilayah tugas tiga kabupaten, diantaranya Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), dan Kabupaten Malaka.

Dari data yang berhasil dihimpun media, setiap harinya, puluhan siswa dari PAUD, SD, bahkan SMP memadati taman baca tersebut. Ada yang membaca, menulis, dan ada juga di antara mereka yang meminta untuk diajarkan menulis dan membaca.

iklan

“Di perbatasan Indonesia dan Timor Leste, khususnya di wilayah bagian Sektor Barat di setiap taman baca yang ada di pos, anggota Pos Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, juga memberikan bimbingan belajar (bimbel) kepada anak anak Sekolah Dasar (SD)  yang ada di wilayah perbatasan tersebut. Bimbel ini sengaja dilaksanakan di pos karena ada sarana pendukung yakni taman baca perpustakaan mini, sehingga memudahkan untuk belajar,” ujarnya.

Secara terpisah, Komandan Pos (Danpos) Manusasi, Letda Inf. Muliobri Prabudi mengatakan, bimbingan belajar tambahan kepada anak-anak yang ada di perbatasan ini merupakan salah satu kepedulian Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS guna meningkatkan prestasi di sekolah, juga untuk meningkatkan pengetahuan selain di sekolah.

“Kami bimbing mereka dengan penuh kasih sayang, dengan suasana santai, tetapi mereka tetap dapat menerima pelajaran yang diberikan dengan baik. Senang rasanya melihat  antusiasme dan kegembiraan anak-anak saat belajar dengan adanya taman baca di pos walaupun sederhana, kami ingin membantu mencerdaskan mereka melalui bimbingan belajar ini, karena mereka semua adalah generasi bangsa dimasa yang  akan datang,” jelasnya.

Santos

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA