Pemkab Manggarai Alokasikan Rp 12 Miliar untuk Bantuan Perlindungan Sosial

Ruteng, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Manggarai mengalokasikan dana Rp 12 miliar untuk bantuan jaring perlindungan sosial atau social safety net bagi warga yang terkena dampak Covid-19 di kabupaten itu.

Bupati Manggarai Deno Kamelus mengklaim, alokasi dana untuk bantuan sosial itu sudah disampaikan ke Kementerian Sosial saat telekonferensi pada Kamis kemarin (16/4/2020).

Deno mengatakan, ada 22.965 KK dari total 97.881 KK di Kabupaten Manggarai yang akan mendapat bantuan tersebut.

“Bantuan social safety net ini diprioritaskan untuk KK yang tidak sedang mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah, seperti PKH dan bantuan sosial lainnya,” kata Deno kepada Ekora NTT, Sabtu pagi (18/4/2020).

Ia belum memastikan besaran dana bantuan sosial tersebut untuk setiap penerima.

iklan

Sebab, kata dia, saat ini Pemkab Manggarai melalui pemerintah desa dan kelurahan, sedang mengidentifikasi calon penerima dana tersebut.

“Data KK itu akan diberikan kepada Bupati Manggarai untuk melakukan verifikasi bersama tim gugus tugas, agar bantuan itu tepat sasaran,” katanya.

“Pokoknya didata semua, apapun profesinya termasuk warga yang berpenghasilan tidak tetap seperti ojek dan lain sebagainya. Termasuk juga wartawan yang terkena dampak Covid-19 ini,” urai Deno.

Deno menjelaskan, dana untuk bantuan social safety net tersebut bersumber dari dana pencegahan dan penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai yang sebelumnya telah dialokasikan sebesar Rp 20 miliar lebih.

Dana senilai Rp 20 miliar lebih tersebut, lanjut dia, dimanfaatkan untuk penanganan sosial, ekonomi dan kesehatan masyarakat.

Deno juga meminta pemerintah desa untuk mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk penanganan Covid-19, sesuai petunjuk Kementerian Desa.

“Dana desa itu bisa direalisasikan untuk penanganan Covid-19 dan bisa diberikan melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT). Besaranya disesuaikan dengan jumlah Dana Desa di masing-masing wilayah,” katanya.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA