Melchias Mekeng Gandeng Kopdit Ankara Bantu Korban Bencana di Desa Atakowa, Lembata

Lewoleba, Ekorantt.com – Anggota DPR RI, Melchias Marcus Mekeng, menggandeng KSP Kopdit Ankara, menyalurkan bantuan Sembako untuk korban bencana banjir bandang di Desa Atakowa, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata, pada Minggu (9/5/2021).

Bantuan ini diserahkan langsung kepada beberapa warga oleh Dewan Pengurus KSP Kopdit Ankara, Simply Lewerang.

“Kita semua prihatin dengan situasi bencana ini, dan kami melalui lembaga ini juga ambil bagian untuk membantu warga, tidak ada kepentingan lain dibalik aksi ini,” tuturnya kepada Ekora NTT.

Desa Atakowa merupakan salah satu wilayah yang terdampak bencana banjir bandang yang terjadi pada Minggu (4/4/2021). Tidak ada korban jiwa di desa ini. Namun, lumbung pangan dan puluhan hektar lahan perkebunan warga dilaporkan rusak.

Simply mengatakan, selama ini, aksi-aksi kemanusiaan dari berbagai lembaga, instansi pemerintah, kelompok-kelompok relawan, kelompok paguyuban hingga bantuan perorangan, belum menyentuh warga terdampak bencana di Desa Atakowa.

iklan

Hal ini, kata dia, disebabkan karena lambannya pemerintah desa setempat dalam memberikan laporan ke pemerintah kecamatan dan kabupaten. 

“Kami menilai pemerintah desa sangat lambat dalam menanggapi ini, karena pasca bencana beberapa hari kemudian beberapa desa tetangga telah melaporkan kejadiannya. Tetapi, di Desa Atakowa tidak ada data sama sekali,” ujar pria asal Desa Atakowa ini.

“Beruntung ada beberapa warga yang tergabung dalam Relawan Bencana Desa Atakowa telah menyajikan data dan foto-foto untuk kepentingan pelaporan baik kepada lembaga pemerintah maupun untuk kepentingan lembaga-lembaga swasta yang membutuhkan,” tambahnya.

Hal itu dibenarkan oleh koordinator Relawan Bencana Desa Atakowa, Kamilus Atulolon.

Kamilus mengaku, pihaknya mengambil langkah cepat karena Pemerintah Desa Atakowa lamban mendata dan melaporkan dampak bencana tersebut ke pemerintah Kabupaten Lembata. 

“Kami telah menyebarkan data ini kepada pemerintah, kami bertemu Pa Camat Petrus Bote Leny dan kami juga  langsung bertemu Sekda Lembata Paskalis Ola Tapobaly untuk menyampaikan ini, dan ternyata direspons dengan baik,” katanya.

Warga Desa Atakowa, Theresia Lodan Lape, menyampaikan terima kasih kepada Melchias Marcus Mekeng dan KSP Kopdit Ankara yang telah membantu mereka.

“Kami berdoa agar kondisi ini bisa kembali pulih secepatnya,” ujarnya.

Yurgo Purab

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA