SMAN 1 Maumere Selenggarakan Penilaian Akhir Tahun Secara Daring

Maumere, Ekorantt.com – SMA Negeri 1 Maumere, Kabupaten Sikka, menyelanggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara daring dengan menggunakan aplikasi googleform. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang memudahkan para guru dan peserta didik melaksanakan pembelajaran.

Kepala Urusan Kurikulum (Kaur) SMAN 1 Maumere Eko Goran Maria, menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan sejak 24 Mei hingga 2 Juni 2021 ini diikuti 846 siswa yang tersebar di kelas X dan kelas X1 dan terdiri dari 3 (tiga) program studi yaitu program Mipa, IPS dan Bahasa Budaya (Babud).

Berbeda dengan sebelumnya dimana kegiatan dilakukan secara daring di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan, namun kali ini para siswa mengikuti PAT dari rumah.

Eko menambahkan sebelum ujian dimulai, para siswa wajib mengikuti simulasi agar para siswa mengetahui tata cara mengikuti PAT secara daring.

“Perihal kendala pasti ada namun dapat ditanggulangi karena langsung diselesaikan oleh para teknisi melalui pembimbing akademik,”ujar Eko.

iklan

Kepala SMAN 1 Maumere, Johanes Jonas Teta mengatakan kegiatan semacam ini telah dilakukan sejak tahun 2020, dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang disediakan.

Jika para peserta didik mengalami kendala seperti ketidaaan HP maka, sekolah telah menyiapkan iPad yang merupakan bantuan dari BOS Kinerja.

“Kalau kendala jaringan internet maka sekolah memberikan kesempatan melaksanakan PAT di sekolah tapi tetap wajib mematuhi protokol kesehatan,”kata Johanes.

Kunigunda Nadia Duminggu, salah seorang peserta didik, kelas X1 Mipa 1  mengakui senang dapat melakukan PAT dari rumah. Ia menyatakan kebijakan sekolah tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

“Kebijakan sekolah yang patut dibanggakan, karena mudah untuk kami sebagai peserta didik untuk melakukan. Apalagi, kami sebagai peserta didik yang tidak bisa jauh dari HP maka PAT secara daring akan semakin mudah untuk kami,”tutur Nadia.

Sebagai informasi, SMAN 1 Maumere juga telah menyiapkan susulan bagi  peserta didik yang mengalami kendala seperti sakit atau ijin yang akan dilaksanakan pada 3-5 Juni 2021.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA