Kader Posyandu Desa Blepanawa Demo Masak Pangan Sehat Berbahan Baku Lokal

Larantuka, Ekorantt.com – Upaya meningkatkan derajat kesehatan keluarga terus dilakukan oleh ibu-ibu kader Posyandu di kabupaten Flores Timur. Tepatnya di Desa Blepanawa, Kecamatan Demon Pagong, ibu-ibu kader Posyandu melakukan demo masak pangan sehat dari bahan lokal pada Jumat (21/1/2022).

Emilie Beribe, salah satu kader mengemukakan kegiatan demo masak pangan sehat dari bahan lokal adalah kerja sama pihak desa dengan Yayasan Pengkajian dan Pengembangan Sosial (YPPS).

“Jadi kegiatan kami ini difasilitasi oleh teman-teman dari YPPS dengan nama programnya tunas harapan. Program ini sebenarnya adalah bagian dari upaya membantu menyejahterakan keluarga dan mendukung kesehatan dan kecerdasan anak-anak dan memberantas stunting,” ujar Emilie.

Emilie juga mengemukakan bahan lokal yang dipakai dalam demo masak ini ada dedak jagung yang telah diayak halus, pisang masak, santan, gula merah, daging ayam kampung, beras, sayur merungga/kelor (moringa oleifera I), dan juga kacang tanah. Bahan-bahan ini diolah jadi nasi dan juga snack.

Direktur YPPS, Melky Koli Baran menjelaskan, kegiatan yang dikerjakan dengan menggandeng kader Posyandu dan PKK adalah bagian dari satu program kecil yang dikerjakan oleh YPPS dengan nama Program Tunas Harapan.

iklan

“Salah satu program kami namanya tunas harapan menyasar ibu hamil dan anak-anak. Mereka ini harus diberi asupan gizi dan bahannya sebenarnya bisa kita peroleh dari pekarangan sekitar rumah. Misalnya dengan menanam sayur, buah-buahan. Lahan sekitar rumah itu harus dimanfaatkan. Jadi sebenarnya yang kami berikan adalah memberi motivasi dan informasi pengetahuan saja,” demikian tutur Melky.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA