Solideo Farm Latih Peternak Desa Riangrita Budi Daya Ayam KUB

Maumere, Ekorantt.com – Solideo Farm memberikan pelatihan budi daya ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB) kepada kelompok peternak dan perangkat Desa Riangrita-Flores Timur di Desa Geliting, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, Sabtu (30/4/2022).

Sebanyak 12 orang peserta yang mengikuti pelatihan itu. Pelatihan dimulai dari teori dan dilanjutkan dengan praktik pembuatan pakan ternak hingga bagaimana cara membuat kandang.

Kepala Desa Riangrita, Agustinus Blolong mengatakan bahwa pelatihan budi daya ayam KUB dilakukan agar para pemuda Riangrita tidak hidup menganggur. Sebaliknya, para pemuda dapat bekerja sebagai peternak.

Selain itu, kata Kades Blolong, hal tersebut mendukung program pemerintah dalam menekan angka stunting di desa.

“Pemerintah desa menyatakan siap mendukung penuh semangat anak muda di desa,” ujarnya.

iklan

Ia pun berharap mentor dapat membagi ilmunya secara utuh peternak di Riangrita bisa menerapkannya secara baik.

“Saya juga berharap kepada Pak Rofin agar bisa membagi ilmu yang ada secara utuh kepada anak-anak muda Riangrita agar bisa diterapkan ke depannya” tuturnya.

Sementara Rofin Muda dari Solideo Farm memberikan pengetahuan tentang pemilihan bibit ayam, proses kawin dan bertelurnya ayam, hingga cara memberi pakan yang baik dan benar.

Rofin juga menguraikan secara detail tentang virus ternak, tanda-tanda, cara mengantisipasi virus, dan menekankan betapa pentingnya vaksinasi hewan sejak dini.

Dia pun berharap agar Desa Riangrita menjadi plasma usahanya yang pertama dan menjadi yang terbaik.

“Lakukan saja dulu, jangan pikir untung,” katanya.

“Apa yang saya terapkan bisa didengar dengan baik. Kalau ada hal-hal yang kurang paham bisa langsung di tanyakan, jangan sampai ketika pulang kembali ke Flores Timur baru telepon tanya lagi,” tutupnya.

Elisabet Maria Dato

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA