Angge: 100 Desa di NTT Akan Definitif Tahun Ini

Mbay, Ekorantt.com – Koordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi NTT, Kandidatus Angge, menginformasikan sebanyak 100 desa di NTT akan definitif di tahun 2022.

Angge menyebut, dari 417 desa di NTT yang dimekarkan menjadi desa baru, 100 desa akan mendapatkan kodefikasi desa dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Dari 100 desa, ada 34 di Sikka dan 56 di Ngada untuk tahun 2022. Sisanya ada di wilayah lain,” ucap dia saat ditemui dalam kunjungan kerja ke Nagekeo, Minggu (08/05/2022) siang.

Sedangkan desa-desa tersisa sedang menyempurnakan dokumen terutama batas atau peta wilayah desa oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).

Angge berkata, bagi wilayah yang sudah memenuhi persyaratan agar bisa segera bangun komunikasi dengan Kemendagri untuk segera berproses.

iklan

“Yang jadi masalah ialah bagaimana dokumen yang sudah final di tingkat kabupaten dan provinsi di-follow up dan ditindaklanjuti secara berjenjang ke Kemendagri,” kata Angge.

Ia menuturkan komunikasi antar pihak untuk mempercepat proses definitif desa menjadi hal penting agar tidak terjadi kesenjangan informasi dari daerah ke pusat. Hal ini disampaikan agar proses pemekaran itu menjadi lebih nyata.

“Sehingga proses yang sudah berjalan itu jangan mandek,” ujar Angge.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA