Ratusan Pelaku UMKM Ramaikan Pameran Jelang Hari Lahir Pancasila di Ende

Ende, Ekorantt.com – Pameran Ekonomi Kreatif (Kepak Sayap Garuda), Pameran UMKM, dan Pentas Seni Budaya meramaikan rangkaian acara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022.

Sekitar ratusan pelaku UMKM dan ekonomi kreatif memamerkan produk-produk mereka dalam pameran yang berlangsung di Kantor Bupati Ende itu selama dua hari, 29-30 Mei 2022.

Adapun produk yang dipajang seperti kuliner lokal NTT, kopi, tenun ikat, dan pernak-pernik hasil kerajinan tangan lainnya.

Seorang pelaku UMKM Darmuis mengapresiasi pemerintah sebagai penyelenggara pameran, lantaran telah memberikan kesempatan dirinya untuk memasarkan produk atau hasil karyanya.

Ia bahkan berharap terus ada pembinaan dan jalan untuk memasarkan hasil produknya ke luar daerah bahkan luar negeri.

iklan

“Ya kami ucapkan terima kasih, kami juga berharap event ini terus ada, sehingga produk kami bisa dipasarkan ke seluruh dunia” ujarnya.

Sementara itu, Dalam sambutannya, Bupati Ende, Djafar Achmad mengatakan bahwa momen Hari Lahir Pancasila menjadi momen bagi pelaku UMKM untuk kembali bangkit setelah terdampak pandemi dua tahun terakhir.

Ia juga berharap dengan momentum tersebut masyarakat dapat termotivasi untuk terus berkarya, berinovasi dalam mengolah produk-produk lokal.

Karena menurutnya potensi lokal sangat banyak sekali jika diolah dan menjadi daya jual yang tinggi, seperti kain tenun dan makanan maupun obat-obatan tradisional.

Ia juga mengakui tanah Ende memiliki kekayaan yang sangat luar biasa, baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya, adat, agama ras dan lain sebagainya.

“Kita berharap dengan kekayaan tersebut masyarakat dapat menjaganya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila”, tegasnya.

“Tanah Ende ini tanah berkah dan tanah yang dikaruniai rahmat Tuhan yang Maha Kuasa, bukan bupati, bukan wakil bupati, bukan sekdanya yang hebat, tapi tanah dan masyarakatnya yang hebat,” paparnya.

Bupati Djafar pun mengucapkan terima kasih kepada BPIP karena telah mendorong Presiden RI Joko Widodo datang ke Ende untuk menjadi inspektur upacara pada Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA