Informasi dari BMKG, Ada Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat, Petir, dan Angin Kencang

Jakarta, Ekorantt.com – Informasi terbaru datang dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprakirakan hujan lebat disertai kilat/petir plus angin kencang melanda sejumlah provinsi di Indonesia pada Kamis (9/6/2022).

Dari data yang ditelusuri Ekora NTT, laman resmi BMKG di Jakarta menuliskan, prakiraan cuaca pada Kamis akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

Di lain sisi, cuaca yang sama diprakirakan terjadi di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua.

Berdasarkan informasi dari ANTARA, ditegaskan pula wilayah yang berpotensi hujan yang bisa disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat.

BMKG juga memperingatkan, pada Kamis (9/6/2022), akan ada gelombang tinggi 2,5-4 meter terjadi di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh sampai Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano-Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian Barat-Selatan, Teluk Lampung bagian Selatan, dan Perairan Selatan Jawa hingga Pulau Sumba.

iklan

Diketahui, gelombang tinggi ini juga berpotensi terjadi di Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan, Selat Sumba bagian Barat, Samudra Hindia Selatan Jawa-Nusa Tenggara Timur, Perairan Pulau Sawu-Rote, Laut Timor, Perairan Selatan Sermata hingga Tanimbar, dan Laut Arafuru.

Peringatan dini gelombang tinggi tersebut berlaku hingga 10 Juni pukul 07.00 WIB atau pukul 08.00 WITA.

Untuk itu, Bidang Pelayaran bisa memastikan aktivitas masyarakat yang tinggal dan mendiami wilayah pesisir yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada dan berjaga-jaga.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA