Kopdit Pintu Air Optimalkan Pelayanan Kelompok

Maumere, Ekorantt.com – Kopdit Pintu Air berusaha untuk mengoptimalkan pelayanan kelompok. Faktor kunci dalam pelayanan berbasis kelompok ini adalah bagaimana cara melibat-aktifkan komite kelompok sebagai bagian yang tak terpisahkan dari organisasi KSP kopdit Pintu Air.

Mengapa? Kita memiliki prinsip gembala mengenal domba-domba. Konteks keberadaan dan kehadiran komite kelompok  dapat dijelaskan demikian:

“Ibarat gembala, para komite kelompoklah yang kenal betul domba-dombanya. Tugas mereka adalah mencari yang hilang, membalut yang luka, menyembuhkan yang sakit, ” kata Jano dalam pertemuan bulan Juli lalu di Kantor Pusat Kopdit Pintu Air.

Harus disyukuri bahwa komite kelompok yang merupakan ujung tombak di lapangan cukup mendapat tempat yang penting dalam pelayanan kita selama ini.

Tapi harus disadari juga, komite kelompok harus bekerja lebih maksimal lagi demi keberlanjutan KSP kopdit Pintu Air pada masa depan.

iklan

Cara agar komite kelompok lebih maksimal lagi dalam kerja mereka adalah diberi tanggung jawab yang lebih dengan job list yang jelas. Dan pendasaran pembagian tugas komite kelompok ini didasari pada dua sisi yakni tidak hanya mengejar pertumbuhan anggota (kuantitas), para komite juga harus fokus pada partisipasi aktif (kualitas) dari anggota yang dilayaninya.

Dari sisi kuantitas (pertumbuhan anggota), komite kelompok bertugas mengembangkan Pintu Air di kelompoknya ditandai dengan adanya pertambahan anggota dari waktu ke waktu.

Tugasnya misalnya; memberikan sosialisasi tentang Pintu Air kepada masyarakat dan memberikan sambutan pada saat acara apapun di kelompok mewakili KSP kopdit Pintu Air.

Sisi kualitas bertujuan untuk memastikan partisipasi aktif anggota dalam kegiatan koperasi yang pada akhirnya demi mencapai kesejahteraan anggota.

Hal ini dapat dicapai dengan misalnya memimpin rapat bulanan di kelompok sekaligus memberikan pendidikan koperasi kepada anggota. Selain itu melakukan kunjungan kepada setiap anggota.

Ketua komite kelompok juga harus membuat laporan pertanggungjawaban tentang perkembangan KSP kopdit Pintu Air di kelompok untuk kemudian disampaikan di pertemuan bulanan di cabang.

Yang perlu dicatat bahwa komite kelompok dalam menjalankan tugasnya harus senantiasa berkoordinasi dengan komite dan tim manajemen di cabang.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA