Parade Merah Putih, Cara Warga Kelurahan Pau Rayakan Hari Kemerdekaan

Ruteng, Ekorantt.com – Ratusan warga Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai melakukan Parade Merah Putih di sepanjang jalan di kelurahan tersebut untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia pada Kamis (18/8/2022).

Warga tampak antusias mengenakan busana adat dari berbagai daerah, baik dari Manggarai maupun daerah lain.

Mereka berjalan dari Wae Locak hingga berakhir di halaman Kampung Ngawe sembari memegang atribut bernuansa merah putih.

Lurah Pau, Yustinus Jonadi Janta mengemukakan bahwa Parade Merah Putih dilakukan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme anak-anak muda dan orang tua di tengah perayaan HUT RI.

Menurutnya, warga Kelurahan Pau memiliki latar belakang suku yang berbeda-beda, meski didominasi oleh suku Manggarai. Sehingga saat parade, mereka mengenakan kostum budaya mereka masing-masing sebagai simbol keberagaman Indonesia.

iklan

“Bicara NKRI tidak boleh primordial, tidak boleh ada sekat, sehingga busana yang dikenakan hari ini dari berbagai daerah,” katanya.

Parade Merah Putih di Kelurahan Pau, Kabupaten Manggarai/Ekora NTT

Setelah Parade Merah Putih, warga pun disuguhkan pentas seni yang dilakukan oleh anak-anak muda. Mereka menampilkan tarian daerah, puisi, show band, dance, pencak silat, dan musik etnik.

“Mari kita sama-sama memupuk rasa nasionalisme, menghargai perbedaan dengan merayakan HUT RI dengan hal-hal yang positif,” ajaknya penuh semangat.

Salah satu warga, Petrus Wagur mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Parade Merah Putih. Baginya, selain memberikan hiburan, kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kelurahan Pau ini memacu kreativitas generasi muda mengisi kemerdekaan.

“Sebagai orang tua, saya merasa bangga dengan penampilan anak-anak kami. Kami menyampaikan terima kasih juga pada guru-guru mereka yang sudah setia membimbing dan melatih mereka,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA