Kopdit Obor Mas Adakan Diklat Financial Literacy di Woloboa

Maumere, Ekorantt.com – KSP Kopdit Obor Mas mengadakan Diklat Financial Literacy di kelompok sahabat Obor Mas Bina Usaha Woloboa, Desa Dobo Nua Puu, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka pada Sabtu, 24 September 2022.

Diklat ini difasilitasi oleh tim dari kantor pusat yakni wakil ketua pengurus Dakal Pius, anggota pengawas Markus Rua, manajer area Martonsius Juang, staf pemasaran Gregorius Digu, dan teler mobil kas keliling Vivi. Anggota yang hadir berasal dari Dusun Woloboa, Wolomoto, dan Wolotenda.

Diklat Financial Literacy bertujuan adalah agar anggota KSP Kopdit Obor Mas mampu atau cakap dalam mengelola keuangan rumah tangganya. Adapun materi yang diberikan yakni analisis sosial, menghitung kekayaan bersih, siklus kehidupan, dan juga merancang impian melalui life road map (peta jalan kehidupan).

Dalam materi analisis sosial, anggota diajak untuk menemukan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat berdasarkan gambar yang dibagikan. Melalui gambar itu, para anggota yang sudah dibagi dalam tiga kelompok, membahas secara bersama, mempresentasikan materi diskusi, serta memberikan kesimpulan.

Selain analisis sosial, pihak fasilitator juga membimbing anggota untuk menghitung aset atau kekayaan bersih yang dimiliki setiap anggota. Selama ini, orang memiliki aset yang banyak tetapi tidak tahu nilai dari aset itu sendiri. Akibatnya, mereka kadang tidak mampu memaksimalkan aset yang dimiliki untuk dikembangkan.

iklan

Fasilitator juga membimbing anggota untuk memahami siklus kehidupan manusia sejak lahir hingga meninggal dunia. Ada 10 tahapan yakni lahir, sekolah, kuliah/kursus, bekerja/wirausaha, memiliki rumah dan kendaraan, menikah, jadi orang tua, keluarga besar, tua/pensiun, dan meninggal.

Mengapa fasilitator mengajak anggota untuk mengetahui tahapan kehidupan ini? Tujuannya, anggota akan paham bahwa dalam menjalani kehidupan, dibutuhkan biaya yang besarnya berbeda pada masing-masing tahapan.

Di samping itu, anggota diajak untuk mulai merancang tahapan kehidupan mereka dengan menggunakan produk dan layanan yang ada di KSP Kopdit Obor Mas, mulai dari produk simpanan, pinjaman, solidaritas, dan proteksi.

Tahapan kehidupan yang dimaksud akan sejalan dengan produk dan layanan KSP Kopdit Obor Mas. Misalnya tahap lahir tentu akan membutuhkan biaya sehingga perlu diantisipasi dengan produk simpanan yang ada.

Dalam tahapan bekerja/wirausaha, selain produk simpanan, seorang anggota membutuhkan produk pinjaman dalam membangun usaha. KSP Kopdit Obor Mas menyediakan layanan kredit lengkap dengan proteksi pinjaman. Atau dalam tahap meninggal, dibutuhkan produk solidaritas seperti solidaritas rawat inap dan solidaritas santunan duka.

Materi peta jalan kehidupan sesungguhnya mendorong anggota untuk merancang masa depannya dari waktu ke waktu. Dengan begitu, anggota termotivasi untuk dapat meraih impian mereka.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA