Kebakaran di Ende Meningkat, Damkar Satpol PP Butuh Armada Pendukung

Ende, Ekorantt.com – Kepala Kantor Satpol PP Ende Emanuel Taji menyatakan pihaknya membutuhkan tangki air sebagai armada penyulpai dalam penanganan kebakaran di wilayah itu.

“Kami sudah laporkan ke Bapak Bupati. Mudah-mudahan segera diadakan. Layaknya satu unit damkar harus miliki dua unit mobil tangki air suplai,” kata dia di Ende, Kamis (20/10).

Berdasarkan laporan Unit Pemadaman Kebakaran Satpol PP Ende, Emanuel menegaskan bahwa peristiwa kebakaran di kota Ende mengalami peningkatan.

Sudah sebanyak delapan kali terjadi kebakaran sejak Januari hingga pertengahan Oktober 2022. Dengan itu, jumlah peristiwa kebakaran disebut tertinggi dalam catatan Unit Damkar Satpol PP Ende.

Keterbatasan armada damkar milik pemerintah memaksa Satpol PP menyewa pihak ketiga ketika penanganan peristiwa kebakaran.

iklan

“Ini catatan tertinggi. Kami kewalahan saat terjadi peristiwa kebakaran. Selama ini harus keluar uang bayar ke pihak ketiga untuk tambahan tangki penyuplai,” kata Emanuel.

Ia menambahkan tangki air penyuplai sangat penting untuk membantu kelancaran mobil damkar mengendalikan kebakaran.

Hal ini mengingat kondisi pemukiman kota Ende yang padat penduduk serta banyak area yang sulit diakses mobil damkar. Pihaknya juga membutuhkan peralatan lebih berupa selang penyambung atau nosel untuk memudahkan akses pemadaman.

“Ada beberapa alat pendukung seperti nosel atau sambungan selang terbatas, kita tahu banyak pemukiman yang sulit dijangkau mobil damkar. Sarana itu yang juga kita butuhkan,” tandas Emanuel.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA