Begini Kronologi Terbakarnya KM Express Cantika 77 di Perairan Naikliu

Kupang, Ekorantt.com – Basarnas Kelas A Kupang membeberkan kronologi awal mula terbakarnya KM Express Cantika 77 di Perairan Naikliu, Kabupaten Kupang, NTT pada Senin (24/10/2022) siang.

Kapal itu terbakar saat sedang berlayar dari Pelabuhan Tenau Kupang menuju Kalabahi, Kabupaten Alor.

Kapal Cantika mengangkut 177 orang berdasarkan data manifes kapal yang terdiri 167 penumpang ditambah 10 orang anak buah kapal (ABK).

Namun, faktanya jumlah penumpang yang telah dievakuasi sebanyak 240 orang. Diduga masih ada penumpang yang belum teridentifikasi oleh Basarnas.

Kabar terbakarnya kapal itu diperoleh Basarnas dari bapak Eka. Kapal yang dinakhodai Kapten Edwin Pareda terbakar sekitar pukul 13.00 WITa bertempat di 9•27’43.5”S 123•46’20.90 E sekitar Perairan Naikliu, Kabupaten Kupang setelah bertolak dari Pelabuhan Tenau pada pukul 11.50 WITa.

iklan

Pada pukul 13.45 WITa, Kepala Kantor Basarnas Kupang I Putu Sudayana kemudian mengirimkan 10 orang personel menggunakan 1 buah Rigit Infatble Boat (RIB) Basarnas Kupang ke lokasi.

Pengiriman personel itu untuk memberikan bantuan dan pertolongan. Selanjutnya, pukul 13.55 WITa diberangkatkan KN SAR Antareja 233 Kupang menuju lokasi guna melaksanakan operasi SAR.

Pukul 14.25 WITa Basarnas Kupang tiba di lokasi kejadian selanjutnya melaksanakan evakuasi para penumpang dan ABK. Evakuasi korban dibantu KMP Bahari Express 3 c dan KMP Bahari Express 1F.

Putu menyebutkan proses evakuasi dilakukan lebih dari lima jam. Hingga pukul 20.00 WITa, Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi sebanyak 240 orang; selamat 226 orang dan meninggal dunia 14 orang.

“Dalam pencarian belum diketahui karena masih dalam pendataan, OSC melakukan briefing hasil operasi SAR akan dilakukan besok pukul 06.00 WITa,” tulis Putu dalam keterangan.

Unsur SAR yang terlibat selama proses pencarian antara lain; Basarnas Kupang, Lantamal VII Kupang, Bakamla Kupang, KSOP Kupang, KP3L Kupang, Polair Kupang, Pos AL Oepoili dan TNI AD serta Anggota Polsek Naikliu.

Adapun Agen Kapal Express Cantika 77, masyakarat setempat, Tagana Kupang, nelayan Naikliu Kabupaten Kupang serta wartawan, kata dia menandaskan.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA