Pesan bagi Mahasiswa Baru Unika St. Paulus Ruteng: Jangan Sekadar Kejar Ijazah

Ruteng, Ekorantt.com – Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan Unika Santu Paulus Ruteng, Yuliana Wahyu memberi pesan kepada 318 mahasiswa baru Fakultas Pertanian dan Peternakan dan Fakultas Teknik yang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2023/2024 di Ruteng, Rabu, 30 Agustus 2023.

Yuliana meminta mahasiswa jangan hanya sekadar mengejar ijazah, tetapi harus mampu membekali diri dengan berbagai keterampilan demi masa depan yang cerah.

“Sehingga mereka nanti bukan lagi mencari kerja, tetapi menciptakan kerja untuk diri dan orang lain,” ujarnya.

Bagi Yuliana, PKKMB bertujuan untuk mentransformasi diri peserta dari status siswa menjadi mahasiswa. Karena itu, mahasiswa baru diminta beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sekitarnya.

Dia berharap, para mahasiswa baru mampu menjadi manusia milenial di era industri 4.0 dan society 5.0. Mahasiswa harus menjadi problem solver atau pemecah masalah, kreatif, dan inovatif di tengah era persaingan seperti sekarang.

iklan

“Nantinya, mereka dapat menjadi manusia-manusia muda yang bisa menemukan, bisa memecahkan masalah, dan bisa melahirkan ide-ide baru untuk negara, khususnya masyarakat di sekitar mereka,” imbuhnya.

Sementata Ketua Panitia PKKMB, Patrisius Valdomi Sandi mengatakan, PKKMB mengusung tema “Mewujudkan Mahasiswa yang Berkarakter dan Kolaboratif dalam Transformasi menuju Society 5.0”. Hal ini sejalan dengan visi besar Unika Santu Paulus Ruteng.

Sebagai civitas akademika, pihaknya tentu berkomitmen untuk bertransformasi dan beradaptasi dengan kemajuan zaman, serta mewujudkan mimpi besar kedua fakultas ini menjadi unggul dan terdepan.

Kata Patrisius, masyarakat 5.0 merupakan era yang sedang kita alami sekarang. Namun banyak orang tak menyadarinya.

Ia mengajak mahasiswa untuk beradaptasi dan tidak menjadi hamba teknologi yang selalu mengandalkan teknologi tanpa ragu, tanpa memandang sisi positif dan negatif, tanpa ragu menyebarkan hoaks, ujaran kebencian, dan hal-hal yang memecah belah.

Karakter mahasiswa yang diharapkan, kata dia, adalah sebagai mahasiswa Indonesia, mahasiswa global yang cerdas dan terbuka pada perkembangan ilmu pengetahuan.

“Karakter yang solid terhadap perkembangan bangsa dan negara, yang solid mewujudkan bangsa yang cerdas, yang solid untuk berkolaborasi bersama dalam memajukan bangsa dan negara, mulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan masyarakat,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA