Operasi Zebra Hari Pertama di Sikka, Polisi Jaring 79 Kendaraan

Maumere, Ekorantt.com – Satuan lalu lintas (lantas) Polres Sikka menjaring 79 kendaraan roda dua pada pelaksanaan hari pertama operasi Zebra Turangga 2023.

Puluhan kendaraan itu diamankan karena pengendara tidak mengenakan helm serta tidak melengkapi surat berkendara.

Operasi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, dimulai Senin, 4 September- Minggu, 17 September 2023.

Kasat Lantas Polres Sikka, AKP Firamuddin menjelaskan, dalam operasi tersebut, pihaknya akan mengedepankan pola preemtif, preventif, persuasif, dan humanis kepada masyarakat.

“Tentunya terhadap pelanggar lalu lintas tetap kita tegakkan,” ujarnya Selasa, 5 September 2023.

iklan

Operasi Zebra Turangga 2023, lanjut Firamuddin, untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas yang aman dan kondusif menjelang pemilu 2024.

“Target operasi Zebra Turangga 2023 ini, yakni pengemudi menggunakan handphone, melawan arus, berboncengan lebih dari satu orang, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang bawa narkoba dan alkohol, melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan helm,” terangnya.

Ia juga menambahkan, operasi ini melibatkan personil Satlantas Polres Sikka, Dinas Perhubungan, Samsat, dan TNI.

Firamuddin menghimbau masyarakat agar selalu mematuhi semua peraturan lalu lintas.

Sebelum berkendara, selalu siap diri. Cek kelengkapan kendaraan, termasuk kondisi motor. Jangan memaksakan berkendara kalau tidak lengkap.

“Sayangi keluarga yang menunggu di rumah, jangan sampai kejadian yang tidak diinginkan terjadi,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA