Kementerian ATR/BPN Minta PPAT Profesional Layani Masyarakat

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN RI Suyus Windayana meminta Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) untuk dapat membentuk sikap profesional dan bertanggung jawab dalam melayani masyarakat.

Suyus meminta hal itu saat membuka rapat kerja nasional III (Pra Kongres) dan Upgrading Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) III 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Kamis, 14 September 2023.

Diketahui, kegiatan yang dihadiri 735 PPAT dari seluruh Indonesia itu berlangsung selama dua hari, sejak 14 hingga 15 September 2023 di Hotel Jayakarta Labuan Bajo.

Ia mengatakan, selaku lembaga yang menaungi PPAT, Kementerian ATR/BPN wajib memberikan pembekalan teknis kepada PPAT yang akan melaksanakan tugas.

“Kegiatan ini menjadi bagian penting dari Kementerian ATR, karena PPAT menjadi mitra yang sangat penting, dan jumlah pelayanannya paling banyak,” kata Suyus.

iklan

Dalam melaksanakan tugas ke depan, menurut dia, tantangan yang dihadapi akan semakin berat. Artinya, dengan adanya perubahan kondisi masyarakat, PPAT dengan sendirinya mengikuti atau menyesuaikannya.

Suyus kemudian mendorong PPAT untuk bertransformasi dari layanan analog ke layanan digital dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Karena itu dibutuhkan PPAT yang profesional dan berintegritas.

“Kita semua wajib menjaga kehormatan dari jabatan PPAT, dan menjaga nama baik Kementerian ATR BPR,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Umum IPPT Hapendi Harahap berharap Rakernas itu membuat para peserta mengetahui lebih detail terkait kebijakan-kebijakan yang diterapkan Kementerian ATR/BPN di bidang layanan pertanahan.

“Saya berharap Rakernas ini diikuti dengan saksama. Juga diharapkan menghasilkan kebijakan-kebijakan yang berdampak untuk kemajuan PPAT ke depan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PPAT NTT Emmanuel Mali mengaku bersyukur Labuan Bajo terpilih menjadi lokasi pelaksanaan Rakernas IPPAT.

Ia berharap hasil Rakernas ini bermanfaat untuk kemajuan IPPAT ke depan.

Tak lupa ia juga mengajak para peserta Rakernas untuk berwisata menikmati keindahan alam Labuan Bajo.

“Labuan Bajo ini sangat indah, jadi silakan setelah kegiatan ini mengunjungi destinasi wisata yang ada di sini, ada juga tenun yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh,” ajak Emmanuel.

Diketahui, acara pembukaan berlangsung meriah diawali dengan pertunjukan budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA