Juara II Drumben Kapolda Cup 2023, Sil Keu: Syuradikara Perkuat Karakter Siswa

Ende, Ekorantt.com – SMAK Syuradikara berhasil meraih juara II Lomba Drumben (Drum Band) Tingkat SMA/SMK se-Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk memperebutkan Piala Kapolda NTT 2023.

Hasil yang diumumkan pada Rabu, 22 November 2023, Silvester Keu, Koordinator Umum mengatakan, SMAK Syuradikara merebut juara II; sementara urutan pertama diraih SMAS Frater Don Bosco Lewoleba dan urutan ketiga SMA Regina Pacis Bajawa.

“Ini pertama kalinya lomba drumben tingkat provinsi dan puji Tuhan Syuradikara raih juara II,” kata Sil Keu kepada Ekora NTT, Kamis (23/11/2023).

Sil bilang, tujuan mengikuti lomba ini tidak sekedar memperoleh hadiah, namun yang paling penting adalah mengaktualisasikan minat-bakat siswa-siswi serentak memperkuat pendidikan karakter.

Drumben, lanjut dia, memang termasuk ekstrakurikuler yang mahal karena peralatannya cukup mahal; namun banyak aspek yang dapat dikembangkan seperti kedisiplinan, tanggung jawab, solidaritas, kepedulian, ketaatan, juga pengembangan bakat musik.

“Hasil yang diperoleh ini bisa memotivasi lembaga dan siswa-siswi untuk berusaha lebih baik pada momen perlombaan berikutnya,” kata Sil.

iklan

Sebagai koodinator pelatih drumben SMAK Syuradikara Ende, Sil selalu memotivasi baik pelatih maupun siswa-siswi agar belajar hal-hal baru supaya tidak ketinggalan.

Momen ketika anak-anak SMAK Syuradikara melakukan atraksi drumben – Ekora NTT

“Dari perlombaan ini kita harus banyak belajar dan membenahi diri. Belajar juga dari teman-teman sekolah lain. Hampir semua tim yang tampil saat ini cukup baik, namun pastinya juri memiliki kriteria penilaian tersendiri,” ungkapnya.

Salah satu peserta drumben, James Ronaldo Riko Toha, mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya karena proses latihan yang teratur membuahkan hasil tiga besar.

“Ini pertama kali lomba drumben tingkat provinsi dan kami juara dua. Intinya adalah kami belajar banyak hal seperti disiplin diri, tekun, belajar keras, latihan keras, dan mental kompetisi,” kata Ronal, ia disapa.

Sementara Kepala SMAK Syuradikara Ende, Kristianus Riberu, SVD, mengapresiasi tim Drumben Syuradikara atas kemenangan gemilang perlombaan Piala Kapolda NTT 2023.

Para pelatih berbaris dengan tim juri dari Polres Ende sebelum dimulai lomba di lapangan SMAK Syuradikara-Ekora NTT

“Prestasi yang luar biasa ini adalah hasil dari kerja keras, dedikasi, dan kerja sama yang luar biasa. Proficiat untuk seluruh anggota tim drumben dan para pelatih atas pencapaian yang mengagumkan ini,” katanya.

Bruder Kris bilang, sekolah akan memberi apresiasi kepada anak-anak dan guru pendamping dan berharap SMAK Syuradikara tetap menumbuhkan semangat berkompetisi.

“Semoga terus semangat dan berjuang ke depannya. Semangat kompetisi ini harus menjadi kultur di Syuradikara apapun cabang perlombaan,” tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA