Warga Digigit Komodo saat Mencari Madu di Pulau Rinca

Tim SAR Gabungan langsung membawa korban menuju Labuan Bajo, ibu kota di Kabupaten Manggarai Barat.

Labuan Bajo, Ekorantt.com– Nahas menimpa Romansyah. Pria 39 tahun itu terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah digigit binatang komodo pada Selasa, 2 April 2024.

Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam keterangan tertulis yang diterima Ekora NTT mengungkapkan, korban digigit komodo sekitar pukul 15.00 Wita.

Saat itu, kata Supriyanto, korban sedang mencari madu di sekitar daerah Loh Ginggo, Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami menerima informasi kejadian tersebut dari staf Polair Labuan Bajo pukul 17.25 Wita,” katanya.

Setelah menerima informasi bahwa ada warga Pulau Komodo yang digigit komodo, tim SAR Gabungan bergerak cepat menuju lokasi kejadian untuk melakukan pertolongan.

iklan

“SAR Gabungan menggunakan RIB Pos SAR Manggarai Barat yang dilengkapi dengan emergency kit dan tandu,” terang Supriyanto.

Ia mengaku pukul 19.00 Wita tim SAR Gabungan tiba di lokasi kejadian. Korban kemudian dievakuasi dari sekoci TNK Komodo menuju RIB Pos SAR Manggarai Barat.

Menurut Supriyanto, saat dievakuasi kondisi korban dalam keadaan lemas serta terdapat luka akibat gigitan Komodo di lengan tangan dan kakinya.

Tim SAR Gabungan langsung membawa korban menuju Labuan Bajo, ibu kota di Kabupaten Manggarai Barat.

“Tepat pukul 20.25 Wita, korban bersama tim SAR Gabungan tiba di Pelabuhan KSOP Labuan Bajo dan korban dibawa ke RS Siloam menggunakan ambulans RS Siloam guna mendapatkan perawatan medis lebih lanjut,” tandas Supriyanto.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA