DPRD Ngada Dukung Budi Daya Cabai untuk Swasembada Pangan

Menurutnya cabai merupakan hortikultura yang mempunyai nilai jual tinggi dan sangat dibutuhkan masyarakat.

Bajawa, Ekorantt.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ngada Bernadinus Dhey Ngebu mengatakan pihaknya mendukung budi daya cabai yang sedang digalakkan para petani dalam rangka swasembada pangan.

Hal itu disampaikan Bernadinus saat menghadiri penanaman 9.000 anakan cabai di Desa Nabelena, Kecamatan Bajawa Utara, Jumat, 10 Mei 2024.

Menurutnya cabai merupakan hortikultura yang mempunyai nilai jual tinggi dan sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kenapa mesti cabai, karena permintaan cabai cukup besar. Pada waktu tertentu harga cabai cukup tinggi,” tutur dia.

iklan

Selain sebagai Ketua DPRD, kehadiran Bernadinus di sana juga sebagai Pembina Gerbang Tani Ngada yang sejak dua tahun terakhir melakukan pendampingan kepada petani hortikultura dan mencari pasar bagi para petani cabai.

“Semua petani cabai itu masuk dalam kelompok dan kita dampingi sejak dua tahun ini,” jelas dia, pada sela-sela penanaman cabai.

Tidak hanya cabai, pihaknya berencana akan mengembangkan sejumlah hortikultura seperti sayur dan tanaman lainnya di beberapa tempat yang ada di Kabupaten Ngada.

Untuk menjalankan program itu, mereka menggandengkan sejumlah petani. Salah satunya ialah kelompok tani Sama Mora yang ada di desa itu.

“Selain target kita swasembada pangan, kita cukup geli ketika kita punya wilayah yang punya potensi untuk kembangkan cabai, tapi saat ini cabai masih datang dari luar,” ujarnya.

Bernadinus mengatakan geliat pengembangan tanaman hortikultura sejalan dengan program makan siang gratis yang dicanangkan presiden terpilih.

Salah satu petani setempat Ladis Laus Lila mengapresiasi atas komitmen Ketua DPRD yang juga sebagai Pembina Gerbang Tani dalam upaya mengembangkan tanaman perkebunan di wilayah itu.

Menurutnya, Bernadinus selalu mendukung petani dengan memperjuangkan alat dan mesin pertanian untuk membantu petani hortikultura.

“Beliau sudah banyak membantu kami, salah satu traktor hasil perjuangan beliau,” ujarnya.

“Pak Berni juga cari pasaran buat kami,” tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA