Pengelola Kopdit Obor Mas Mesti Perlakukan Anggota sebagai ‘Sahabat’

Frediyanto meyakini Sahabat menjadi kunci sukses bagi anggota dalam meraih kesejahteraan dengan Kopdit Obor Mas sebagai kendaraan untuk mencapainya.

Maumere, Ekorantt.com – Kopdit Obor Mas memiliki nilai-nilai kerja yang menjadi panduan bagi pengelolanya – pengurus, pengawas, dan manajemen – dalam memberikan pelayanan terhadap anggota. Hal itu tercermin dalam istilah ‘Sahabat’.

Makna Sahabat digarisbawahi oleh Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Markus Menando dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-40 tahun buku 2023 di Aula Puskopdit Swadaya Utama Maumere, Jumat, 31 Mei 2024.

Markus mengatakan, RAT tahun ini bertajuk ‘Meningkatkan Partisipasi Anggota Melalui Pendidikan Serta Memberdayakan Kelompok Sahabat Obor Mas Untuk Mewujudkan KSP Kopdit Obor Mas yang Sehat, Aman, Unggul, dan Berdaya Saing Tinggi’.

Melalui tema ini, kata Markus, pihaknya terus mendorong partisipasi anggota melalui pendidikan sebagai salah satu pilar koperasi kredit.

iklan

Koperasi kredit “dimulai dengan pendidikan, berkembang melalui pendidikan, dikontrol oleh pendidikan dan bergantung kepada pendidikan.”

Markus menegaskan pula bahwa Kopdit Obor Mas hadir untuk memberdayakan anggota yang tergabung dalam Kelompok Sahabat Obor Mas. Hal itu dilakukan melalui pendampingan yang rutin dan berkelanjutan.

Sejauh ini, ada 1.517 Kelompok Sahabat Obor Mas. Dan pada 2024, Kopdit Obor Mas menargetkan peningkatan Kelompok Sahabat Obor Mas menjadi 1.750 kelompok.

Peningkatan kelompok ini, menurut Markus, semata-mata untuk memudahkan pelayanan kepada anggota demi “KSP Kopdit Obor Mas yang sehat, aman, unggul, dan berdaya saing tinggi.”

Senada, General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering mengatakan, anggota adalah pemilik koperasi dan selayaknya pengelola Kopdit memperlakukan anggota sebagai sahabat.

“Kita menjadikan anggota sebagai sahabat sebagai nilai yang sudah kita canangkan bersama,” kata Frediyanto.

Sahabat memiliki arti: S (Solidarity/solidaritas), A (Accountable/tanggung jawab), H (Honest/jujur), A (Advanced/menjadi terdepan), B (Brave/berani), A (Autonomous/mandiri), dan T (Trustwhorty/dapat dipercaya).

Frediyanto meyakini Sahabat menjadi kunci sukses bagi anggota dalam meraih kesejahteraan dengan Kopdit Obor Mas sebagai kendaraan untuk mencapainya.

Solider, akuntabel, jujur, terdepan, berani, dan dapat dipercaya, menurut Frediyanto, selaras dengan prinsip koperasi kredit “kau susah aku bantu, aku susah aku bantu.”

Penulis: Risto Jomang

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA