Pengadaan Alsintan untuk Kelompok Tani di Sikka Bantu Antisipasi Rawan Pangan

Anggota Kelompok Tani Sinar Ilin Modo asal Desa Magepanda mengatakan, dengan adanya bantuan alat mesin pertanian, tentu dapat membantu para petani dalam mengolah lahan pertanian.

Maumere, Ekorantt.com – Sejumlah kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Sikka menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari dinas pertanian setempat. Bantuan itu dinilai dapat mengantisipasi rawan pangan secara nasional.

Kepala Dinas Pertanian Sikka, Yohanes Emil Satriawan mengatakan, keberadaan Alsintan mampu memperluas area tanam padi para petani pada periode April-September 2024.

Terkait penggunaan Alsintan, kata dia, Kementerian Pertanian telah bekerja sama dengan TNI dan tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

“Nanti pendampingannya akan dilakukan dari dinas pertanian dan TNI yang bertugas di wilayah setempat, agar benar-benar dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan,” kata Yohanes di sela-sela kegiatan pembagian Alsintan di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Sikka pada Rabu, 12 Juni 2024.

iklan

“Jangan sampai ada yang terima habis jual. Karena akan diawasi langsung oleh TNI,” kata Yohanes.

Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera atau Alfin Parera, dalam kesempatan yang sama,  meminta petani untuk mengoptimalkan penggunaan Alsintan dalam upaya meningkatkan hasil panen.

“Harus bersyukur mendapatkan bantuan. Manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai disalahgunakan,” kata Alfin Parera.

Alfin menyampaikan terima kasih kepada Kadis Pertanian Kabupaten Sikka dan Dandim 1603 Sikka atas upayanya menghadirkan alat mesin pertanian bagi petani di Sikka.

Anggota Kelompok Tani Sinar Ilin Modo asal Desa Magepanda mengatakan, dengan adanya bantuan alat mesin pertanian, tentu dapat membantu para petani dalam mengolah lahan pertanian.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sikka yang telah memberikan bantuan untuk kami,” ujarnya sembari berharap adanya pendampingan rutin dari pemerintah ke depan.

Bantuan yang diberikan berupa traktor roda empat sebanyak lima unit, traktor roda dua sebanyak 15 unit dan mesin pompa air sebanyak 81 unit. Lokasi kelompok tani tersebar di Kecamatan Talibura, Waiblama, Waigete, Mego, Magepanda, dan Palue.

Sebelum penyerahan, terlebih dahulu dilakukan pengukuhan terhadap 27 kelompok tani yang tersebar di empat kecamatan, baik kelompok baru maupun kelompok tani yang meningkat kelas berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA