Yakobus Jano Terima Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Utama

Di tengah situasi ekonomi seperti sekarang, kata Jano, koperasi kredit mesti menawarkan jalan alternatif dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Maumere, Ekorantt.com – Ketua Pengurus Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano ditetapkan oleh Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) sebagai tokoh penggerak koperasi utama.

Penghargaan akan diterima pada puncak peringatan Hari Koperasi di Kota Batam, Kepulauan Riau pada Jumat, 12 Juli 2024.

Ketua Dekopin, Nurdin Halid, dalam surat undangan yang ditujukan kepada Kopdit Pintu Air, mengungkapkan kebanggaan tersendiri bagi Dekopin bahwa Jano terpilih sebagai tokoh penggerak koperasi utama.

Menanggapi hal itu, Jano mengakui bahwa bergelut dengan masyarakat kecil melalui wadah koperasi bukanlah hal yang gampang. Ia bersyukur karena ada pengakuan dari pemerintah.

iklan

Jano memaknai penghargaan tersebut dalam dua sisi. Pertama, penghargaan sebagai tokoh penggerak koperasi utama sebagai pengakuan atas kerja baik dan karena itu mesti disyukuri.

“Orang menilai ada hasil kerja positif dan nyata yang telah dilakukan untuk kebaikan banyak orang,” ujarnya.

Kedua, penghargaan yang sama mesti menjadi pelecut semangat untuk terus memberdayakan anggota koperasi. Menjaga kepercayaan anggota koperasi harus diperhatikan secara sungguh-sungguh.

Di tengah situasi ekonomi seperti sekarang, kata Jano, koperasi kredit mesti menawarkan jalan alternatif dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Apalagi koperasi dibangun dalam semangat kekeluargaan berbasis gerakan ekonomi lokal.

“Ini menjadi pekerjaan rumah yang harus kita pertanggungjawabkan ke depan dengan terus memberikan yang terbaik kepada semua mereka yang kita layani,” ujar Jano.

Penghargaan itu juga, kata Jano, menjadi pendorong agar gerakan ekonomi masyarakat akar rumput mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Tidak boleh dianggap sepele. Sebaliknya, harus diakomodir sebagai kekuatan dalam menopang ekonomi bangsa.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA