Lomba Cerdas Cermat Harkopnas, Tim Kopdit Pintu Air Masuk Babak Final

Mereka mengungguli dua tim lainnya yakni Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Suru Pudi Napun Langir dan Koperasi Pegawai Negeri KPN Iklas dari kantor Kementerian Agama Sikka.

Maumere, Ekorantt.com – Salah satu mata acara dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) tingkat Provinsi NTT adalah lomba cerdas cermat. Lomba ini  berlangsung di Aula Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Swadaya Utama Maumere, Rabu, 17 Juli 2024.

Tim peserta lomba cerdas cermat Kopdit Pintu Air berhasil maju ke babak final setelah meraih poin sempurna 1.480.

Mereka mengungguli dua tim lainnya yakni Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Suru Pudi Koting dan Koperasi Pegawai Negeri KPN Ikhlas dari kantor Kementerian Agama Sikka. Keduanya hanya berhasil mengumpulkan poin masing-masing 1.060 dan 760.

Lomba cerdas cermat ini dinilai juri antara lain; Fransiskus De Fransu, Yan D. Nong dan Rudolfus Moat Raja. Bentuk pertanyaan yang disediakan oleh panitia adalah pertanyaan wajib dan rebutan.

iklan

Semua materi pertanyaan yang diajukan mengacu pada kisi-kisi yang telah dibagikan panitia kepada peserta. Pertanyaan berkisar seputar hal-hal yang berhubungan dengan koperasi.

Terutama berkaitan dengan aturan, mulai dari Undang-undang koperasi, peraturan pemerintah tentang koperasi, peraturan menteri koperasi, sejarah terbentuknya koperasi di Indonesia, dan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) koperasi sampai pada hak, serta kewajiban anggota.

Hanya enam koperasi yang mengirimkan utusan untuk menjadi peserta lomba cerdas cermat ini. Karena itu oleh panitia, lomba ini hanya berlangsung dua sesi.

Sesi pertama diisi oleh KSP Suru Pudi Koting, Kopdit Obor Mas dan Kopdit Sube Huter. Sementara sesi kedua diikuti oleh Kopdit Suru Pudi Koting, Kopdit Pintu Air, dan KPN Ikhlas.

Dari masing-masing sesi, satu tim dinyatakan gugur. Sementara peraih nilai tertinggi satu dan dua berhak masuk babak selanjutnya yakni babak final untuk memperebut posisi terbaik.

Babak final akan berlangsung pada Kamis, 18 Juli 2024 di Puskopdit Swadaya Utama.

Tim yang tembus ke babak final adalah, Kopdit Pintu Air, Kopdit Suru Pudi Koting, dan Kopdit Sube Huter.

Yustina, seorang peserta mengaku sangat senang dengan kegiatan itu.

Menurut dia, lomba cerdas cermat menjadi salah satu cara agar staf koperasi paham benar akan tugas pokok dan fungsi dalam melayani anggota.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA