Mahasiswa Unika St. Paulus Ruteng Mesti Hadirkan Solusi di Tengah Masyarakat

KKN harus dijadikan sebagai suatu kegiatan yang bermanfaat bagi umat dan masyarakat.

Ruteng, Ekorantt.com – Mahasiswa Unika St. Paulus Ruteng akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif 2024. Mereka diharapkan memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat.

Ketua Pelaksana KKN Integratif 2024, Yuliana Wahyu mendorong, mahasiswa KKN untuk peka dengan situasi di tengah masyarakat, lalu bisa mendiagnosisnya hingga mencari jalan keluar.

“KKN harus dijadikan sebagai suatu kegiatan yang bermanfaat bagi umat dan masyarakat,” kata Yuliana  saat kegiatan pembekalan di Aula GUT Lantai 5 pada Kamis, 18 Juli 2024.

 

iklan

Ia menekankan pentingnya integrasi pembelajaran teori dan pengalaman langsung di lapangan.

“Satu hal yang perlu dalam melaksanakan KKN kali ini adalah pengintegrasian,” kata Yuliana.

Peserta KKN Integratif 2024, kata dia, mesti mampu menuangkan dan menerapkan teori yang sudah diperoleh selama menjalankan perkuliahan ke umat atau masyarakat yang akan dilayani, terutama mampu mengimplementasikan teori itu penuh tanggung jawab.

Yuliana bilang, KKN ini bertujuan menghubungkan pendidikan tinggi dengan kebutuhan masyarakat, juga menjalin kerja sama dalam pendataan umat.

“Terlepas dari semua tujuan itu ada kegiatan yang penting juga yang akan dilakukan oleh peserta KKN di tempat KKN yaitu melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya.

Maria Margareta, seorang peserta KKN berkata, dirinya merasa percaya diri setelah mengikuti pembekalan.

“KKN Integratif perlu diadakan agar program PKM yang dibuat dan dilaksanakan dapat jawab kebutuhan masyarakat. Dan, melatih diri mahasiswa untuk saling bekerja sama dari latar belakang bidang ilmu yang berbeda,” tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA