Kopdit Pintu Air Hendaknya Menjadi Penyalur Kasih Tuhan di Pulau Semau

Kupang, Ekorantt.com – Komite dan Manajemen Kopdit Pintu Air Cabang Kupang memutuskan untuk membuka tempat pelayanan (TP) di Pulau Semau.

Pembukaan TP di Pulau Semau didahului misa syukur dan pemberkatan gedung oleh Pastor Kuasi Paroki Santo Petrus Batu Karang Semau RD. Philipus Philip, Jumat, 19 Juli 2024. Misa berlangsung di rumah Rafael Bala, RT 09, RW 04, Desa Uibao, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, NTT.

Pastor Philipus dalam homili singkatnya mengharapkan agar Kopdit Pintu Air menjadi penyalur kasih Tuhan bagi sesama di Pulau Semau. Dengan dibukanya TP, maka anggota Kopdit Pintu Air akan dimudahkan karena tidak perlu lagi menyeberang lautan ke Kupang untuk melakukan transaksi.

Rumah milik Rafael Bala sebagai wadah untuk menanamkan nilai keswadayaan, solidaritas dan pendidikan bagi sesama.

iklan

Pastor Philipus mengatakan, koperasi yang lebih dikenal dengan sebutan Credit Union lahir dari rahim gereja. Saat ini dipanggil oleh Tuhan untuk mewujudkan tanda cinta dan belas kasih Allah bagi masyarakat akar rumput.

Dikatakan, Kopdit Pintu Air telah berkarya sekian lama melayani sesama berlandaskan kasih. Kopdit Pintu Air hadir di Semau sesungguhnya menjadi penyalur kasih Tuhan untuk melayani sesama atau anggota.

Sekretaris Camat Kecamatan Semau Selatan, Dominggus Liman menyampaikan terima kasih kapada Pengurus Pusat dan Cabang Kopdit Pintu Air atas diizinkannya pembukaan kantor tempat pelayanan di Semau.

“Kami sebagai pemerintah salut dan bangga kepada pengurus Pintu Air yang tidak kenal lelah datang untuk bantu melayani masyarakat Semau,” ujar Dominggus.

Ia berjanji sebagai aparatur pemerintah akan siap membantu Pintu Air untuk menggerakkan masyarakat supaya bergabung menjadi anggota Kopdit Pintu Air. Diyakini melalui pola pemberdayaan Pintu Air dapat bekerja sama dengan pemerintah mengeluarkan warganya dari kubang ketakberdayaan.

Beri Tantangan

Ketua Komite Kopdit Pintu Air Cabang Kupang, Aloysius Kamil pada kesempaitan itu memberikan tantangan kepada staf manajemen yang akan ditempakan di TP Semau supaya bekerja keras merekrut anggota minimal 650 orang lagi. Hal ini penting agar TP Semau naik menjadi Kantor Cabang Pembantu (KCP) pada tahun 2025.

“Hal ini bukan mustahil mengingat saat ini TP Semau telah mempunyai anggota sebanyak 343 orang. Bahkan bukan KCP saja, bila perlu jadi kantor cabang setelah jumlah anggota 1000 orang dengan besar simpanan dan pinjman beredar minimal satu miliar,” kata Aloysius.

Sementara itu, Manajer Area Timor Maria Dua Mite mengatakan, sejak tahun 2019 silam Pintu Air mulai merambah Pulau Semau. Seiring berjalannya waktu pertumbuhan jumlah anggota berjalan sangat lambat. Mestinya setelah empat atau lima tahun sudah terbentuk KCP.

Pertumbuhan yang lambat itu menjadi landasan berpikir pengurus dan manajemen untuk mencarikan akar permasalahan untuk menemukan solusi. Dan pembukaan kantor sebagai tempat untuk melayani anggota adalah jawaban atas masalah yang ada. Anggota tidak perlu bersusah lagi ke Kupang untuk melakukan transaksi.

Maria pun berpesan kepada staf yang ditugaskan di TP Semau supaya bekerjal dengan jujur. “Makan apa yang dihasilkan dari keringat sendiri. Bekerja menggunakan hati, kerja bukan karena terpaksa apalagi karena dipaksa, tetapi kerja dari kesadaran diri sendiri.”

“Kalau jam kerja kita dimulai pukul 07.45 harapannya sebelum jam itu kantor sudah dibuka, bukan tunggu dari cabang Kupang cek dulu baru buka,” tutup Maria.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA