Audit Jadi Alat Ukur Kinerja Kopdit Pintu Air Cabang Sidoarjo

Diketahui, selama tiga hari pemeriksaan di Kopdit Pintu Air Cabang Sidorjo, tim auditor tidak menemukan adanya penyimpangan dalam pengelolaan koperasi.

Surabaya, Ekorantt.com – Tim auditor dari kantor pusat Kopdit Pintu Air melakukan audit pengelolaan keuangan di Cabang Sidoarjo, Jawa Timur sejak 21 hingga 24 Juli 2024.

Ketua Komite Kopdit Pintu Air Cabang Sidoarjo, Petronela Binsasi mengatakan, proses audit tersebut menjadi alat untuk memberikan saran kepada manajemen dalam menangani risiko, mengukur capaian kinerja, serta sebagai alat kontrol.

“Dari laporan pemeriksaan diketahui tidak fraud (tidak curang) tentu ini akan memberikan nilai tambah bagi kami untuk sama-sama saling mengontrol satu dengan yang lain sesuai jobdes (job description) masing-masing,” kata Petronela kepada Ekora NTT melalui WhatsApp, Kamis, 25 Juli 2024.

Ia mengaku semua kesesuaian aspek pengelolaan keuangan yang merupakan bagian dari pekerjaaan yang dilakukan manajemen diperiksa tim auditor.

iklan

Tim auditor memeriksa apakah pengelolaan keuangan sesuai atau tidak dengan standar pembukuan, serta pengarsipannya. Lalu, apakah kelengkapan dokumen sesuai standar kerja. Serta, mencocokkan tingkat pencapaian kinerja sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Petronela menjelaskan, pemeriksaan dilakukan pada tiga bidang, yakni bidang komite, Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan manajemen.

Ia mengatakan, pemeriksaan dilakukan dengan cara mencocokkan data laporan. Data kemudian dicocokkan dengan data laporan yang ada pada sistem guna memastikan validitas angka-angka yang diinput.

“Kemudian memeriksa kasesuaian dengan bukti dokumen pendukung apakah terarsip secara baik atau tidak,” imbuh Petronela.

Menurut dia, tujuan dari pelaksanaan audit
adalah untuk memberikan gambaran yang termuat melalui rekomendasi yang diberikan oleh auditor. Rekomendasi tersebut terutama atas realisasi pekerjaan yang ditemui saat pemeriksaan.

Diketahui, selama tiga hari pemeriksaan di Kopdit Pintu Air Cabang Sidorjo, tim auditor tidak menemukan adanya penyimpangan dalam pengelolaan koperasi.

Sedangkan tim auditor dari kantor pusat Kopdit Pintu Air yakni, Agnesti Aldino Dua Toja dan Rikardus Woda. Keduanya telah merampungkan pemeriksaan. Lalu memaparkan hasil pemeriksaan kepada Komite dan manajemen pada momen evaluasi bersama yang berlangsung di Kantor Kopdit Pintu Air Cabang Sidoarjo pada Rabu, 24 Juli 2024.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA