Menteri Muda Koperasi Timor Leste Apresiasi Kerja Sama Credit Union Lanamona dengan Pintu Air

Ia menambahkan, pengurus CU Lanamona juga meminta supaya mereka dibolehkan hadir pada kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang diselenggarakan oleh Kopdit Pintu Air.

Atambua, Ekorantt.com Menteri Muda Koperasi Negara Republik Demokrasi Timor Leste, Arsenio Pareira Da Silva memberikan apresiasi kepada Credit Union (CU) Lanamona yang telah membangun kemitraan dengan Kopdit Pintu Air.

Langkah itu dinilai Arsenio sangat tepat, mengingat Kopdit Pintu Air merupakan koperasi ternama di Indonesia. Kopdit Pintu Air sebagai primer nasional dengan jumlah anggota terbanyak.

Langkah awal kerja sama kedua koperasi itu, CU Lanamia mengikutsertakan peserta dari Kopdit Pintu Air sebagai undangan istimewa pada acara peresmian gedung Kantor CU Lanamona di Glena, Kabupaten Ermera, Timor Leste pada Senin, 24 Juli 2024 lalu.

Informasi ini disampaikan Manajer Kopdit Pintu Air Cabang Betun, Maria Fransiska Bota Pao kepada Ekora NTT melalui sambungan telepon pada Kamis, 25 Juli 2024.

iklan

Maria mengatakan, Menteri Arsenio sangat senang karena pengurus dan manajemen CU Lanamona mau membuka diri untuk menerima masukan dan belajar dari Kopdit Pintu Air yang telah sukses menjadi primer nasional.

Pengurus CU Lanamona Domingas Dos Santos, kata Maria, mengundang peserta dari Kopdit Pintu Air saat acara peresmian kantor mereka. Undangan itu menyasar untuk cabang terdekat yakni, Pintu Air Cabang Atambua, Cabang Betun dan Cabang Kefa dan Manajer Area Timor.

“Dan dari masing-masing cabang itu mengutus ketua komite dan manajer cabangnya saja,” kata Maria.

Usai acara peresmian, rombongan Pintu Air diajak untuk bermalam selama satu malam di Maliana. Pada malam itu diisi dengan acara diskusi dan berbagi pengalaman.

Diskusi tersebut dipandu langsung oleh Ketua CU Lanamona, Domingas Dos Santos. Domingas menuturkan, CU Lanamona telah berdiri secara resmi pada tahun 2008.

Dalam perjalanan waktu belum mengalami pertumbuhan yang signifikan. Karena itu, Domingas berharap pengurus Kopdit Pintu Air dapat berbagi pengalaman.

Pengalaman tersebut terutama terkait kiat-kiat dan strategi dalam merekrut anggota baru dan menggerakkan anggota untuk menabung dan meminjam secara bertanggung jawab. Sebab, hal ini menjadi faktor penting dan menjadi kekuatan koperasi.

“Pengurus CU Lanamona berharap setelah pertemuan kali ini ada kelanjutan. Seperti untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan dari Pintu Air bisa menjadi fasilitator,” ujar Maria menirukan permintaan pengurus CU Lanamona.

Ia menambahkan, pengurus CU Lanamona juga meminta supaya mereka dibolehkan hadir pada kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang diselenggarakan oleh Kopdit Pintu Air.

“Menurut mereka ini sangat penting karena dari forum RAT-lah arah kebijakan dan kemajuan CU dibentuk,” kata Maria.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA