Perayaan Harkopnas ke-77 di Kota Kupang Tanpa Libatkan Pemprov NTT

Kegiatan ini melibatkan ratusan orang dari gerakan koperasi primer nasional, primer provinsi dan primer kabupaten atau kota.

Kupang, Ekorantt.com – Gerakan koperasi primer nasional, primer provinsi dan primer kabupaten atau kota menggelar perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 tahun 2024 tingkat Provinsi NTT.

Perayaan Harkopnas ke-77 yang digelar di halaman Kantor KSP Kopdit Solidaritas selama 26-27 Juli 2024 itu tanpa melibatkan Pemerintah Provinsi NTT.

Kendati demikian, perayaan Harkopnas yang dirangkai dengan berbagai kegiatan sosial tetap dijalankan dengan baik. Kegiatan ini melibatkan ratusan orang dari gerakan koperasi primer nasional, primer provinsi dan primer kabupaten atau kota.

Wakil Ketua Dewan Koperasi Nasional Wilayah Provinsi NTT, Domi Ancis mengatakan, perayaan Harkopnas ke-77 tahun 2024 tidak melibatkan Pemerintah Provinsi NTT.

iklan

Ancis beralasan karena Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Koperasi kerap menyelenggarakan Harkopnas secara terpisah dengan gerakan koperasi yang dikoordinasikan oleh Dekopinwil NTT.

Ia menjelaskan, Harkopnas merupakan hari lahirnya gerakan koperasi bukan hari ulang tahun milik pemerintah. Pemerintah bisa terlibat namun tetap dikoordinasikan oleh Dekopinwil.

“Karena ini adalah hari ulang tahunnya gerakan koperasi bukan hari ulang tahunnya siapa-siapa. Bukan hari ulang tahunnya pemerintah,” kata Ancis Kupang pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Ia mengatakan, Dekopinwil telah menegaskan kepada pemerintah agar tidak lagi menyelenggarakan kegiatan Harkopnas di tahun 2025 secara sendiri dengan melibatkan gerakan koperasi.

Pasalnya, Harkopnas ke-78 tahun 2025 yang telah disepakati akan digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dengan tetap diselenggarakan oleh gerakan koperasi.

Hal ini guna menghindari perpecahan dalam gerakan koperasi baik itu primer nasional, primer provinsi dan primer kabupaten atau kota.

“Kami sudah ingatkan tidak boleh terulang lagi. Gerakan koperasi adalah satu. Solidaritas yang suda ada ini tidak boleh dipecahkan oleh pihak lain termasuk pemerintah,” tegasnya.

Ancis menegaskan, kesuksesan Harkopnas ke-77  tahun 2024 tingkat Provinsi NTT berkat swadaya dari semua gerakan koperasi primer tingkat nasional, primer tingkat provinsi dan primer tingkat kabupaten atau kota.

Ia mengajak seluruh gerakan koperasi baik primer nasional, primer provinsi dan primer kabupaten atau kota harus tetap merajut kebersamaan, membangun solidaritas swadaya dan kegotongroyongan.

Bangga Jadi Tuan Rumah

Perayaan Harkopnas ke-77 di Kota Kupang Tanpa Libatkan Pemprov NTT
Ketua Panitia Harkopnas ke-77 tahun 2024 tingkat Provinsi NTT, Domi Ancis dan GM KSP Kopdit Solidaritas, Urbanus Reko (Foto: Patrick Padeng/ Ekora NTT)

General Manajer KSP Solidaritas Urbanus Reko, mengatakan, penetapan KSP Solidaritas sebagai tuan rumah merupakan penghargaan dan kebanggaan bagi pengurus dan manajemen.

Sebab, sebagai tuan rumah, KSP Solidaritas akan dikunjungi oleh seluruh gerakan koperasi yang ada di Kota Kupang dan kabupaten lainnya.

“Ini menjadi kebanggaan kami dan ini juga perpanjangan tangan dari tugas dan fungsi pengurus,” ujar Urbanus di sela perayaan Harkopnas ke-77.

Urbanus mengatakan, momentum perayaan Harkopnas yang diselenggarakan setiap tahun secara meriah merupakan wujud nyata bahwa keberadaan koperasi di NTT lagi hidup.

“Orang merayakan itu berarti kita mendoakan perkembangan koperasi. Karena itu kita harus bersyukur,” ucapnya.

Perayaan Harkopnas juga melibatkan UMKM binaan gerakan koperasi. Bahkan UMKM juga turut terlibat memberikan bantuan kepada panti asuhan dan juga hasil karya mereka dijadikan doorprize.

“Bagi saya perayaan ini luar biasa. Kalau diberi poin sekitar 90-an,” ucapnya

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA