Puskopdit Manggarai Adakan OJT Demi Perkuat Kapasitas Karyawan Koperasi Kredit

Ketua Puskopdit Manggarai RD Leonardus Eventius Noveri menjelaskan, pelatihan bertujuan agar para karyawan semakin terampil dan profesional dalam melayani anggota.

Ruteng, Ekorantt.com – Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Manggarai mengadakan On The Job Training (OJT) atau pelatihan keterampilan, kompetensi, dan pengetahuan bagi karyawan koperasi kredit selama hampir sebulan, 2-30 Juli 2024.

Kegiatan itu diikuti 32 peserta dari 15 primer yang tersebar di Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat.

Ketua Puskopdit Manggarai RD Leonardus Eventius Noveri menjelaskan, pelatihan bertujuan agar para karyawan semakin terampil dan profesional dalam melayani anggota.

“Ini program dari Puskopdit untuk meningkatkan kapasitas semua yang bekerja di lingkup Kopdit yang ada di tiga Manggarai,” ujar Romo Ardus, sapaan akrab RD Leonardus Noveri kepada Ekora NTT pada Rabu, 31 Juli 2024.

iklan

Puskopdit menginginkan karyawan untuk selalu meningkatkan kapasitasnya sehingga memberikan pelayanan terbaik kepada anggota sebagai pemilik lembaga.

“Kegiatan ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing primer, khususnya bagi karyawan baru,” sebutnya.

Sejauh ini, ujar Romo Ardus, masyarakat bangga dengan kehadiran koperasi kredit. Mereka bisa menikmati pelayanan terbaik dari karyawan koperasi kredit. Lalu, para anggota dapat menyebarluaskan narasi baik tentang koperasi kredit di tengah gempuran praktik rentenir yang “berbendera koperasi.”

Febiola Melinda Dewes, salah satu peserta kegiatan, menyampaikan terima kasih kepada Puskopdit Manggarai karena telah membuka ruang bagi peningkatan kapasitas orang-orang yang bekerja di koperasi kredit.

Dia menyadari, pelatihan ini merupakan bagian dari perwujudan pilar pendidikan koperasi kredit bahwa “dimulai dengan pendidikan, berkembang dengan pendidikan, dikontrol dengan pendidikan, bergantung pada pendidikan.”

Melinda pun mengaku bangga bisa bertemu dan berbagi dengan rekan lain dari koperasi yang lain.

Ia bilang, koperasi kredit sangat bermanfaat bagi kaum muda. Sebab, koperasi bukan hanya tentang menabung, meminjam, dan mengangsur, tetapi lebih pada mengatur ekonomi anggota itu sendiri.

Melinda mengajak masyarakat terutama kaum milenial untuk berkoperasi. Dengan berkoperasi juga bisa menabung untuk masa depannya.

Sejauh ini, Puskopdit Manggarai memiliki 90 ribuan anggota perorangan yang tersebar di 31 primer dalam wilayah Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA