Mahasiswa KKNT Unwira Lakukan Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata Desa Ileboli, Lembata

Ia mengatakan, sosialisasi tentang edukasi pengelolaan pariwisata sangat dibutuhkan di Desa Ileboli.

Lewoleba, Ekorantt.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menggandeng Dinas Pariwisata Kabupaten Lembata melakukan sosialisasi gerakan sadar wisata bagi masyarakat Desa Ileboli, kecamatan Nagawutung pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut diikuti masyarakat dan orang muda katolik (OMK) Desa Ileboli bertempat di Kantor Desa Ileboli.

Kepala Desa Ileboli, Adrianus Birak Uran menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh para mahasiswa dan Dinas Pariwisata Kabupaten Lembata di Desa Ileboli.

Ia mengatakan, sosialisasi tentang edukasi pengelolaan pariwisata sangat dibutuhkan di Desa Ileboli. Sebab, di Desa Ileboli terdapat banyak sumber daya yang menjadi potensi pariwisata.

iklan

“Seperti sumber mata air panas dan ada beberapa kerajinan tangan dari pohon bambu yang diolah menjadi berbagai perlengkapan ruangan yang bisa dikembangkan,” kata Adrianus.

Pengawas Kepariwisataan Kabupaten Lembata Gabriel Hereng yang hadir dalam sosialisasi tersebut mengatakan, pembangunan tempat pariwisata bisa saja dilakukan tetapi tempat yang dikunjungi harus aman dan terhindar dari risiko.

Selain itu, dibutuhkan partisipasi dari masyarakat untuk melestarikannya agar potensi tersebut dapat dikembangkan.

Mahasiswa KKNT Unwira Lakukan Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata Desa Ileboli, Lembata
Mahasiswa KKNT Universitas Katolik Widya Mandira Kupang bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Lembata memberikan sosialisasi gerakan sadar wisata bagi masyarakat Desa Ileboli, Kecamatan Nagawutung pada Kamis, 1 Agustus 2024 (Foto: Theresa Venata Putri Florenso)

Seiring dengan itu, kata Gabriel, pemuda Desa Ileboli harus membuat pemasaran melalui media sosial, agar pariwisata yang ada bisa dikenal masyarakat luar.

Mahasiswa KKNT Tessa Florenso selaku pemateri mengatakan, kegiatan sosialisasi dilakukan dengan mengambil tema pelestarian dan pengembangan pariwisata.

Ia berharap pemberian edukasi ini dapat membuat masyarakat sadar akan pelestarian dan pengelolaan pariwisata khususnya di Ileboli agar menjadi desa pariwisata nantinya.


Jurnalis warga: Theresa Venata Putri, mahasiswi Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Politik, Unwira Kupang

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA