Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Tahbis Uskup Agung Metropolitan Ende

Sebelum itu, terlebih dahulu pembacaan Surat Apostolik dari Paus Fransiskus yang mengesahkan Uskup Agung Ende terpilih atas nama Mgr Paulus Budi Kleden, SVD.

Ende, Ekorantt.com – Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo menahbiskan Mgr Paulus Budi Kleden, SVD menjadi Uskup Agung Metropolitan Ende di Gereja Kristus Raja Katedral Ende, Kamis, 22 Agustus 2024.

“Bersediakah engkau dengan bantuan Roh Kudus melaksanakan sampai mati tugas yang dipercayakan oleh para rasul kepada kami yang kini akan diserahkan kepadamu dengan penumpangan tangan?” tanya Uskup Piero kepada Uskup Agung Ende terpilih Mgr Paulus Budi Kleden, SVD.

Pertanyaan itu ditimpal uskup terpilih Mgr Paulus Budi Kleden, SVD dengan lantang. “Saya bersedia.”

Sebelum itu, terlebih dahulu pembacaan Surat Apostolik dari Paus Fransiskus yang mengesahkan Uskup Agung Ende terpilih atas nama Mgr Paulus Budi Kleden, SVD.

iklan

Upacara penahbisan dimulai dengan janji uskup terpilih dilanjutkan litani permohonan.

Usai menyanyikan litani, Mgr Piero Pioppo selaku uskup penahbis utama menumpangkan tangan ke atas kepala Uskup Agung Metropolitan Ende Mgr Paulus Budi Kleden, SVD, diikuti semua uskup yang hadir.

Usai penumpangan tangan, ada doa tahbisan yang dibawakan oleh Uskup Piero. Selanjutnya, uskup penahbis utama mengurapi kepala uskup yang baru ditahbiskan dengan minyak krisma.

Selanjutnya penyerahan cincin, palium, mitra, dan tongkat sebagai lambang kegembalaan. 

Uskup penahbis utama kemudian mengundang uskup baru untuk duduk di Katedral untuk menerima salam persaudaraan dari para uskup.

Mgr Paulus Budi Kleden sebagai Uskup Agung Metropolitan Ende pun mendapatkan salam persaudaraan dari semua uskup yang hadir.

Misa penahbisan ini dihadiri oleh ribuan umat Katolik di halaman Gereja Katedral Ende. Adapun umat yang mengikuti secara daring dari wilayah Kevikepan Mbay, Kevikepan Bajawa maupun umat di Kevikepan Ende sendiri.

Sebelumnya, Paus Fransiskus telah memilih Pater Paulus Budi Kleden, SVD sebagai Uskup Agung Ende menggantikan Mgr Vincentius Sensi Poto Kota, Pr yang telah wafat beberapa waktu lalu.

Dalam panggilan pelayanan ini, Uskup Budi memegang teguh pada moto adalah Caritas Fraternitatis Maneat in Vobis atau Peliharalah Kasih Persaudaraan.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA