KKBU Frans Sales Lega Bahas Kampanye Keamanan Penerbangan

KKBU ini baru dibentuk dengan maksud memastikan aktivitas suatu bandara dalam keadaan keamanan.

Ruteng, Ekorantt.com – Komite Keamanan Bandara Udara (KKBU) Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Kelas III Frans Sales Lega mengadakan rapat kampanye keamanan penerbangan atau aviation security campaign pada Kamis, 22 Agustus 2024.

KKBU ini baru dibentuk dengan maksud memastikan aktivitas suatu bandara dalam keadaan keamanan.

Agus Kurniawan, selaku ketua panitia dalam laporannya berkata “rapat ini dilaksanakan untuk membentuk KKBU Frans Sales Lega Ruteng dengan tujuan untuk berdiskusi dan mengkoordinasi yang berkaitan dengan permasalahan keamanan bandar udara.”

Sementara Kepala Bandar Udara Frans Sales Lega, Punto Widaksono menjelaskan bahwa lewat KKBU, koordinasi akan berjalan lancar bila terjadi tindakan melawan hukum yang akan terjadi ke depan.

iklan

“Dengan itu penyelesaian pun lebih enak,” tegasnya.

Kata Punto, anggota yang hadir bukan semata-mata dibentuk oleh pihak bandara, tetapi ditunjuk berdasarkan Undang-undang. Pihak bandara hanya melaksanakan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Setelah ini, kata dia, pihaknya akan melakukan simulasi bagaimana mengatur strategi apabila tindakan melawan hukum terjadi. Tindakan melawan hukum tersebut meliputi memasuki wilayah daerah keamanan terbatas (DKT) tanpa izin, merusak fasilitas bandara, ancaman bom, terorisme, huru-hara di bandara, dan pembajakan pesawat dan bandara (penyanderaan).

“Nanti di situ mengatur strategi. Kalau skenarionya begini, lawannya begini,” jelas Punto.

Sejauh ini, maskapai yang beroperasi di Bandar Udara Frans Sales Lega, yakni Wings Air yang merupakan penerbangan reguler dengan rute Kupang-Ruteng-Kupang, jadwalnya adalah hari Minggu, Rabu, dan Sabtu. Sedangkan penerbangan perintis Susi Air dengan rute Waingapu-Ruteng-Waingapu dilakukan pada Selasa dan Sabtu.

“Perkiraan penumpang dalam setahun mencapai 100 ribu, tapi kalau kita per tahunnya sekitar 11.000-15.000 penumpang,” pungkasnya.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Bandara Frans Sales Lega -Ruteng itu dihadiri Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh yang juga sebagai wakil ketua KKBU, Pasi Intel Kodim 1612 Manggarai Lettu Inf  Fernando Mendoca, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Marten Oman, pihak station manager Wings Air Abadi Ruteng dan Susi Air Ruteng, serta instansi lainnya yang tergabung dalam KKBU.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA