Uskup Emeritus Maumere Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira Tutup Usia

Keuskupan Maumere berduka cita

Maumere, Ekorantt.com – Uskup Emeritus Keuskupan Maumere Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD meninggal dunia di RSUD dr. TC. Hillers Maumere pada Selasa, 8 Oktober 2024, sore. Uskup kelahiran 26 September 1941 itu meninggal dalam usia 83 tahun.

“Bapak Uskup Emeritus Mons. Gerulfus Kherubim Pareira pada Selasa, 8 Oktober 2024 jam 16.45 Wita telah berpulang ke rumah Bapa,” demikian pesan singkat RD Donnie Migo yang diterima Ekora NTT pada Selasa sore.

Informasi selanjutnya akan disampaikan melalui sekretariat Keuskupan Maumere, kata Romo Donnie.

Menurut informasi yang diperoleh Ekora NTT, jenazah Mgr. Kherubim Pareira akan disemayamkan di Lepo Bispu dan selanjutnya akan diantar ke Gereja Katedral St. Yoseph Maumere untuk proses penghormatan terakhir.

Sebagai informasi, Tahta Suci Vatikan mengangkat Mgr. Kherubim Pareira menjadi Uskup Weetebula, Pulau Sumba pada 21 Desember 1985. Beberapa bulan kemudian, ia ditahbiskan menjadi uskup pada 25 April 1986 dengan moto episkopal Ut Omnes Unum Sint yang berarti “supaya mereka semua menjadi satu”.

iklan

Selang 22 tahun kemudian, tepatnya 19 Januari 2008 ia terpilih menjadi Uskup Maumere, setelah Almarhum Mgr. Vincentius Sensi Potokota diangkat menjadi Uskup Agung Ende.

Pada Januari 2016 silam, dia mengajukan pengunduran diri ke Vatikan. Menanggapi itu, Vatikan menerima pengunduran diri Mgr. Kherubim Pareira pada 27 September 2016.

Kepemimpinan Mgr. Kherubim Pareira di Keuskupan Maumere berlangsung selama 10 tahun dan tugas kegembalaannya berakhir secara resmi pada 14 Juli 2018 lalu.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA