Simulasi Penanganan Pasien Postif Corona, dr. Clara: Semoga Sikka Tetap Aman

Maumere, Ekorantt.com – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar simulasi tata cara penanganan pasien positif terinfeksi virus corona mulai dari persiapan awal hingga pemakaman jenazah pada Selasa (28/4/2020).

Kegiatan tersebut melibatkan unsur terkait, diantara-Nya petugas Covid-19, TNI dari Kodim 1603 Sikka, dan TNI AL Maumere, Polres Sikka, dan tim Rumah Sakit Umum Daerah Tc Hillers Maumere.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, dr. Clara Francis mengatakan, kegiatan simulasi bertujuan untuk mengedukasi semua pihak terkait, tentang bagaimana cara penanganan yang harus dilakukan sesuai prosedur terhadap jenazah Covid-19 sebagai langkah antisipasi atau persiapan.

“Simulasi ini untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi Covid-19. Kalau nanti ada yang meninggal tim kita sudah siap. Dan mereka sudah tahu tahapan apa saja yang dilakukan, mulai dari penanganan awal jenazah hingga pemakaman,” kata dr. Clara kepada Ekora NTT usai menggelar simulasi.

Simulasi itu, sebut dr. Clara, dimulai dengan mempraktikkan cara kerja tim medis Covid-19 sejak berada di ruang jenazah yang dilakukan di aula Dinas Kesehatan Sikka.

iklan

Disaksikan Ekora NTT, tampak beberapa  anggota TNI dan Polri yang didampingi dr. Clara Francis dan dr. Santi F. Du’a Delang serta beberapa petugas medis Covid-19 melatih bagaimana tata cara membungkus jenazah sebelum dibawa ke mobil ambulance.

Setelah jenazah dibungkus, tampak dua orang petugas dengan APD lengkap siap melakukan tugasnya sesuai prosedur.

Kemudian pada tahap berikut, kata dr. Clara, tim mempraktikkan bagaimana cara pemakaman jenazah yang juga harus sesuai prosedur, mulai dari membawa peti jenazah ke mobil ambulance hingga tata cara memasukkannya ke dalam liang kubur.

“Kita berharap kegiatan hari ini hanya sebatas simulasi. Semoga Kabupaten Sikka tetap aman, dan juga bebas dari virus corona,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA