Pelantikan Tiga Kepala Daerah di NTT Ditunda, Ini Alasanya!

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokol Setda NTT, Marius Ardu Jelamu memastikan pelantikan tiga kepala daerah yang terpilih pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu ditunda lantaran masih ada sejumlah sengketa Pilkada yang sedang diproses oleh Mahkamah Konstitusi (MK).  Adapun tiga kepala daerah yang disebut Jelamu diantaranya Malaka, Belu dan Sumba Barat.

Jelamu menerangkan dari sembilan kepala daerah yang dijadwalkan pada Jumat (26/02/2021), hanya lima yang mendapat keputusan resmi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dilantik. Sedangkan tiga kepala daerah tersebut masih menunggu keputusan dari MK.

“Besok itu hanya lima kepala daerah yang dilantik langsung oleh Gubernur. Sedangkan tiga kabupaten lainnya Malaka, Belu, Sumba Barat masih diproses dan belum ada keputusan dari Mahkamah Konstitusi,”ujar Jelamu kepada Ekora NTT, Kamis (25/02/2021).

Mengenai pelantikan, Jelamu juga menyinggung status Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient Riwu Kore yang disebut belum ada petunjuk dari Mendagri. Ia menyatakan pelantikan terhadap Orient dibatalkan lantaran polemik terkait status kewarganegaraan yang bersangkutan.

“Bupati Sabu Raijua itu yang batal dilantik karena belum ada arahan dari Mendagri,”kata Jelamu.

iklan

Untuk diketahui, Para Bupati dan Wakil Bupati  sudah tiba di Kupang untuk mengikuti prosesi pelantikan, Jumat esok. Kelima Bupati dan Wakil Bupati itu yakni Manggarai Barat, Ngada, Manggarai, Sumba Timur dan Timor Tengah Utara (TTU).

Pelantikan akan berlangsung di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, Kota Kupang oleh Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat.

Sandy Hayon

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA