SII dan Perfect Fit Labuan Bajo Beri Pelatihan Kesehatan Perempuan di Maumere

Maumere, Ekora NTT – Simavi Internasional Indonesia (SII) menggandeng Perfect Fit-Labuan Bajo gelar Pelatihan Komunitas Menstruasi Sehat (Komat) di Kantor Dian Desa, Kelurahan Waioti, Maumere pada Kamis, (20/05/2021).

Pelatihan dan sosialisasi kesehatan perempuan itu dilibatkan peserta didik dan guru SMAK Bhaktyarsa Maumere, pihak Kampus Unipa, para bidan dari Puskesmas Wolomarang, sanitarian, para kader posyandu, pegiat sanitasi, jurnalis Ekora NTT dan sejumlah ibu rumah tangga.

Direktur Simavi Internasional Indonesia, Yusridar Mustafa, mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk melaksanakan bisnis sosial dimana entry point-nya adalah menstruasi sehat yang tidak pernah dibahas di kalangan masyarakat.

“Pembalut kain yang diproduksi Perfect Fit-Labuan Bajo untuk para wanita meningkatkan ekonomi. Tidak hanya sebatas itu, tetapi edukasi tentang tubuh wanita dan lingkungan,”ujar Angie, demikian Yusridar disapa.

Angie menyebutkan produk tersebut tidak berkontribusi meningkatkan jumlah sampah, apalagi sampah yang tidak terurai. Sebab, produk (pembalut) diklaim lebih nyaman dan bisa menggunakan berkali-kali.

iklan

Ia menekankan bahwa pelatihan tersebut juga dalam rangka upaya pengurangan sampah, salah satunya sampah pembalut sekali pakai.

“Saya harapkan para peserta setelah mendapatkan pelatihan ini bisa menjadi reseller pembalut aman dengan harga terjangkau agar bisa menambah income untuk keluarga,”jelas Angie.

Sementara Donatus Dula, Pendamping Perfect Fit-Labuan Bajo mengatakan produk yang dibikin Perfect Fit merupakan pembalut kain cuci ulang yang memberikan pilihan hemat dan pintar untuk perempuan ketika menstruasi.

“Pembalut ini terdiri dari kain yang aman dan nyaman bagi tubuh perempuan. Produk ini dibuat oleh penjahit lokal di Kabupaten Manggarai yang terlatih untuk memproduksi pembalut cuci ulang yang berkualitas dengan harga terjangkau dan nyaman dipakai,” terang Donatus.

Pembalut jenis ini, lanjut dia, merupakan pembalut yang ramah lingkungan karena dapat digunakan berkali-kali (cuci ulang) sehingga dapat menghemat biaya.

Selain itu, pembalut ini juga tidak memiliki dampak buruk pada alat reproduksi gadis dan wanita dewasa karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti bahan pemutih.

Donatus menjelaskan, pembalut Perfect Fit terdiri dari empat bahan kain. Kain pertama adalah dry fit yang dapat menjaga permukaan pembalut agar tetap kering. Kain kedua adalah kain penyerap berbahan fleece untuk menampung darah menstruasi.

Sedangkan kain ketiga adalah kain anti air yang berfungsi untuk mencegah kebocoran. Kemudian di paling luar ada kain bercorak batik yang membuat masa menstruasi menjadi lebih menyenangkan.

Alia peserta didik SMAK Bhaktyarsa Kelas X Jurusan IPS mengatakan baru pertama kali mengikuti pelatihan yang fokus pembicaraan tentang menstruasi sehat.

“Dengan pelatihan ini memberi pemahaman yang sangat mendalam dimana sebelumnya saya belum memahami tentang siklus pendek dan panjang tentang menstruasi. Dengan mengikuti pelatihan ini saya akan tularkan pengetahuan yang sangat bermakna untuk teman-teman di sekolah tentang produk Perfect Fit yang aman dan harga terjangkau ini,” tutupnya.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA