Padamkan Api di Ile Lewotolok, KPH dan Pemkab Lembata Datangkan Helikopter ‘Water Bombing’

Lewoleba, Ekorantt.com – Helikopter Type KA32A11BC  tiba di Bandara Frans Seda-Maumere, Kabupaten Sikka dan selanjutnya menuju ke Lewoleba, Ibukota Kabupaten Lembata, Selasa, (03/08/2021).

Helikopter tersebut didatangkan oleh Kesatuan Pengelolah Hutan (KPH) Wilayah Kabupaten Lembata-NTT kerjasama dengan pemkab setempat.

Rencananya, helikopter tersebut digunakan untuk memadamkan api di kawasan hutan lindung Gunung Api Ile Lewotolok.

Kepala KPH Wilayah Lembata, Provinsi NTT, Linus Lawe, membenarkan adanya helikopter type KA32A11BC dengan nomor registrasi PK-IKR dari Bandara Frans Seda Maumere, Kabupaten Sikka tiba di Kabupaten Lembata.

“Hasil koordinasi helikopter type KA32A11BC dengan nomor registrasi PK-IKR, siap melaksanakan misi water bombing di area Gunung Ile Lewotolok yang direncanakan pada jam 09.00,” terang Linus Lawe melalui pesan WhatsApp.

iklan

Saat ini, helikopter sedang melakukan pemantauan lokasi kebakaran dan sementara melakukan pengisian air laut di Desa Jontona, Kecamatan Ile Ape Timur.

Adapun Crew Helikopter sebagai berikut:

Capt. Aleksandr Tikhonov, FO. Stanislav Lamoltdinov, AE. Arsenin Nikolai, GE. Sava Dragutsan, GE.Rakijo, Obs. Fauzi dan Rama E.P, HLO.Indra.

Perlu diketahui, sebelumnya, Rabu, (28/07/2021) telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sekitar puncak gunung akibat erupsi gunung Ile Lewotolok.

Yurgo Purab

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA