Lewat Aspirasi Andreas Hugo Pareira, 2.555 Peserta Didik di Ende Dapat Beasiswa PIP Tahun 2021

Ende, Ekorantt.com – Sebanyak 2.555 peserta didik di Kabupaten Ende menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui jalur aspirasi Anggota DPR RI Dapil NTT 1, Andreas Hugo Pareira.

AHP, demikian wakil rakyat ini biasa disapa, menjelaskan bahwa beasiswa PIP digunakan untuk membantu peserta didik membeli perlengkapan sekolah atau kursus, biaya transportasi, uang jajan, biaya uji kompetensi, dan tambahan biaya praktik atau keperluan lainnya.

Dijelaskan AHP, secara keseluruhan, jumlah siswa yang menerima beasiswa di 10 kabupaten di Flores melalui jalur aspirasi mencapai 35 ribu orang.

“Untuk 10 kabupaten di Flores semuanya ada 35 ribu orang. Untuk Kabupaten Ende berjumlah 2.555 siswa dari 71 sekolah dengan rincian 23 SD, 26 SMP, 7 SMA, dan 15 SMK,” ujar AHP.

Dana PIP untuk seluruh Indonesia dialokasikan sebesar Rp17,9 triliun, kata AHP.

iklan

Pembagiannya melalui jalur reguler dan jalur aspirasi. Dengan tetap berpatokan data pokok pendidikan (Dapodik), dana ditransfer langsung ke nomor rekening peserta didik.

AHP berharap, para kepala satuan pendidikan berkoordinasi dengan para orang tua dan siswa dalam penggunaan dana PIP.

“Ini uang untuk siswa. Sehingga kita tegaskan penggunaannya benar-benar sesuai dengan kebutuhan siswa,” tegas AHP.

Sementara itu, Ketua DPRD Ende, Fransiskus Taso mengapresiasi perjuangan AHP yang telah berjuang dan mendorong peningkatan kualitas pendidikan di daerah, terutama di Kabupaten Ende.

“Terima kasih Pak Andre, semoga beasiswa PIP dapat membantu para orang tua di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia,” ujar Fery Taso.

Acara penyerahan sertifikat beasiswa PIP untuk siswa di Kabupaten Ende dihadiri para kepala sekolah, Anggota Komisi IV DPRD Propinsi NTT Emanuel Kolfidus, dan  Ketua Komusi III DPRD Ende Vinsen Sangu.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA