Lantik Pengurus PAPRI Ende, Bupati Djafar Berharap Lagu Daerah Tidak Ketinggalan Zaman

Ende, Ekorantt.com – Bupati Ende, Djafar Achmad melantik Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu (PAPRI) Kabupaten Ende di Taman Permenungan Bung Karno pada Jumat (5/11/2021).

Acara pelantikan itu dihadiri penyanyi dan pencipta lagu Kabupaten Ende, termasuk musisi senior Eman Bata Dede dan Amatus Peta.

Bupati Djafar mengatakan bahwa seni merupakan bagian yang penting dari peradaban karena seni adalah pernyataan sikap, ekspresi pikiran, dan ekspresi jiwa.

“Seni acapkali menggambarkan ketinggian budi dan kemuliaan gagasan, yang memiliki kontribusi besar dalam melembutkan batin dan melembutkan jiwa, termasuk melembutkan batin dan jiwa bangsa,” ujar Bupati Djafar.

Dikatakannya, sebagai bangsa yang besar, kita harus menghargai dan menjunjung tinggi seni budaya dan musik daerah. Musik daerah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan, dan berfungsi memperkokoh persatuan dan kesatuan.

iklan

Oleh karena itu, para musisi mesti melestarikan dan mempromosikan seni musik daerah agar dinikmati dan dikenal luas.

Pemerintah, ujar Bupati Djafar, berharap agar lagu daerah tidak akan pernah pudar dan ketinggalan zaman. Untuk itu diperlukan inovasi dan kreativitas dalam menciptakan musik dan lagu daerah.

Istimewa

Musisi senior Kabupaten Ende, Amatus Peta kepada Ekora NTT mengatakan, kepengurusan DPC PAPPRI Kabupaten Ende diharapkan dapat mewadahi kebutuhan dan melindungi hak para artis penyanyi dan pencipta lagu lokal.

“Musik itu semangat jiwa dan ungkapan batin yang harus menjadi perekat persatuan dan membangkitkan semangat. Citra dan kultur budaya daerah mesti dijiwai oleh para musisi sehingga karya kita tetap hidup dalam kebinekaan kita,” ujar Amatus.

Sementara Ketua DPC PAPRI Kabupaten Ende, Antonius Yohanes Bata atau yang akrab disapa Aries Putra Lawa saat berjanji akan mengkonsolidasi seluruh pelaku seni di Kabupaten Ende.

“Kita bersyukur hari ini pengurus sudah dilantik. Program awal kita adalah konsolidasi seluruh pelaku seni di Kabupaten Ende untuk bergabung,” jelasnya.

Mantan Anggota DPRD Ende ini meyakini jika PAPRI mampu menjembatani aspirasi para pelaku seni di Kabupaten Ende.

“Ya, wadah ini akan jadi wahana membangun kemitraan dengan pemerintah dan para pihak untuk memenuhi kebutuhan para musisi,” tutup Aries.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA