Mahasiswa Teknik Sipil Unika St. Paulus Ruteng Harus Jadi Generasi Berintegritas

Ruteng, Ekorantt.com – Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng harus menjadi generasi yang berintegritas. Demikian pesan yang tersembul dari kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng.

Kegiatan bertajuk ‘Bersinergi Membangun Generasi Muda Teknik Sipil Berintegritas’ itu berlangsung di Aula Misio Unika Santu Paulus Ruteng, selama dua hari, 11-12 Februari 2022.

Mewakili Ketua Program Studi Teknik Unika Santu Paulus Ruteng, Viviana Murni menyampaikan, kegiatan  ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik itu dari dosen maupun dari stakeholder lainnya. Hal ini bertujuan agar menghasilkan generasi atau lulusan teknik sipil yang berintegritas.

“Sehingga pemateri yang diundang ya paling tidak mewakili pihak-pihak yang mendukung teknik sipil, yaitu praktisi, pemerintah, dan akademisi,” ujarnya.

Mahasiswa, kata Murni, juga diharapkan menjadi tenaga kerja di bidang teknik sipil yang berkarakter.

iklan

“Jadi ada knowledgenya kemudian attitudenya. Pokoknya mereka akan menjadi pribadi yang baik,” ketusnya.

Moderator HMPS Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng, Antonius Walfino Teja mengatakan bahwa kegiatan LKMM-TD akan menjadi kegiatan rutin bagi mahasiswa teknik sipil. Mahasiswa harus mengembangkan keterampilan mereka di bidang organisasi.

“Mereka harus dibekali, sehingga adanya keterampilan untuk memanajemen status mereka sebagai mahasiswa agar bisa berorganisasi, berbicara di depan umum dan untuk pengembangan keterampilan mahasiswa itu sendiri,” jelasnya.

Teja berpendapat, kegiatan LKMM-TD menjadi ruang di mana mahasiswa menemukan jati dirinya. Mahasiswa, lanjut dia, tak cukup hanya belajar di kampus, tapi mesti belajar juga berorganisasi.

“Sehingga organisasi ini sebagai pelengkap dan penunjang untuk kegiatan pembelajaran mereka. Kami selalu mendorong mereka untuk berorganisasi baik internal maupun eksternal kampus,” tambahnya.

Istimewa

Sementara itu, Ketua HMPS Teknik Sipil, Yuliana Grasela Jom menjelaskan, kegiatan LKMM-TD melibatkan 20 orang mahasiswa. Mereka dilatih untuk bisa berkomunikasi secara baik dan benar.

“Ya, kami berkomitmen untuk bisa mengimplementasikan dari sekarang,” tutupnya.

Adapun pembicara dalam kegiatan ini yakni Polikarpus Payong (Dasar-dasar organisasi dan pengembangan mahasiswa), Amandus Henrikus Wanto Galus  (Manajemen Waktu dan Teknik Pendekatan), Elisabeth Irma Novianti Davido (Pengambilan keputusan dan problem solving), Frumencius L.T.K. Do ( Administrasi kesekretariatan dan keuangan)

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA