Kades Tapolango Sebut Eksplorasi Budaya Lembata Sangat Bermartabat

Lewoleba, Ekorantt.com – Kepala Desa Tapolango, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata, Bonefasius Lengari mengakui bahwa Eksplorasi Budaya Lembata yang diangkat dan dihidupkan kembali oleh Bupati Thomas Ola Langoday sangat tepat dan bermartabat.

“Kami orang desa tidak mau lihat yang tingkat tinggi, tetapi hal pokok yang kami rasakan adalah Pak Thomas sudah betul menggali, mengangkat, dan menghidupkan kembali hal-hal prinsip yang ada untuk diangkat dan patut diberi penghargaan, sekali lagi budaya itu adalah kamai sendiri. Jika orang lain berpendapat beda, maka orang itu tidak berbudaya,” tegas Bonefasius.

Kades Bonefasius mengatakan, masyarakat di desanya sangat antusias dan terlibat aktif dalam Eksplorasi Budaya Lembata 2022.

Diketahui, ibu-ibu PKK menyiapkan makan siang untuk Bupati Thomas bersama rombongan dan tamu undangan lainnya pada Senin (7/3/2022) di lapangan Hadakewa, ibukota Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata.

“Ibu-ibu PKK Desa antusias dan semangat menyiapkan hidangan untuk Bupati dan tamu undangan secara spesial, menu lokalnya spesial,” katanya.

iklan

Ketua Tim Pennggerak PKK Desa Tapolango, Natalia Maria Yosefa mengakui makan siang untuk Bupati dan rombongan serta tamu undangan disiapkan menu utamanya adalah Putu Gunung Lewotolok.

Ia menjelaskan, putu yang dihasilkan oleh ibu-ibu itu terinspirasi dari Gunung Lewotolok.

“Kami terinspirasi untuk siapkan menu Putu Ile Lewotolok yang bahan dasarnya dari ubi kayu, ubi kering yang ditumbuk, kemudian diayak dan tepung ubi itulah yang kemudian bakal kami buat adonan dari tempurung kelapa yang membukit sehingga terinspirasilah Ile Lewotolok yang berwarna kuning keemasan,” papar Yosefa.

Ia menambahkan, agar lebih nikmat, adonan Putu dilengkapi dengan kelapa parut, dicampur dengan kacang hijau atau kacang merah setengah matang dan disatukan dalam tempurung kelapa, kemudian dikukus hingga masak, dibiarkan dingin, lalu disajikan untuk para tamu undangan.

“Kami bangga ikut ambil bagian dalam Eksplorasi Budaya Lembata 2022 ini, karena apa yang menjadi tradisi kearifan lokal kami di desa dihargai dan dipercayakan oleh Pemkab Lembata dan menjadi satu kebanggan. Kami menyiapkan untuk tamu undangan terhormat bisa menyantap menu lokal yang kami siapkan ini,” ungkap Yosefa.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA