Pintu Air Cabang Mbay Gelontorkan 1 Miliar Lebih Pinjaman Mini

Mbay, Ekorantt.com – KSP Kopdit Pintu Air Cabang Mbay telah menggelontorkan Rp1 miliar lebih pinjaman mini bagi para anggota baru.

Pemberian pinjaman itu merupakan bagian dari program Kopdit Pintu Air Pusat dalam memulihkan ekonomi masyarakat pasca Covid-19.

“Sudah hampir satu tahun kita jalani program baru ini. Layanan ini sebenarnya sebagai perhatian Pintu Air terhadap tekanan ekonomi masyarakat setelah Covid-19,” ujar Ketua Komite KSP Pintu Air Mbay, Servatius Paga kepada Ekora NTT, Selasa (21/6/2022).

Servatius mengatakan bahwa setiap anggota bisa mengakses dana Rp10 juta. Pinjaman itu menyasar para pelaku usaha produktif seperti para nelayan dan petani, termasuk pelaku usaha kecil menengah lainnya misalnya, perbengkelan, usaha kios, dan papalele.

“Sejauh ini animo masyarakat yang bergabung ke Pintu Air cukup bagus. Kami berharap bisa terbantu meningkatkan ekonomi mereka,” ucap dia.

iklan

Eduardus Wilibrodus Mo’o Dede, Relawan Komite KSP Kopdit Pintu Air Cabang Mbay menambahkan, secara teknis calon anggota yang mengajukan pinjaman harus memenuhi syarat utama terlebih dahulu.

Hanya menyodorkan surat keterangan usaha dari desa, fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan uang pendaftaran menjadi anggota Pintu Air.

Kemudian diproses di bagian kredit, selanjutnya disurvei oleh tenaga lapangan atau Account Officer (AO).

“Keputusan (cair atau tidak) sesuai hasil survei oleh AO karena mereka yang lebih berkompeten,” ucap Eduardus.

Eduardus menyebut, durasi waktu cicilan bervariasi sesuai masa kontra dan kesepakatan anggota, mulai dari 12 bulan sampai 60 bulan.

Sementara itu, Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano mengatakan bahwa pinjaman dengan pengembalian setiap minggu ini biasa disebut juga dengan nama Kredit Mini.

“Kita berikan kredit khusus anggota dalam kelompok. Kita juga berikan kepada calon anggota sehingga dari uang itu ia bisa mendaftarkan diri menjadi anggota dan untuk usaha produktif,” jelas Jano.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA