86 Desa di Ende Akan Gelar Pilkades, Inspektorat Siap Lakukan Pemeriksaan Cakades Petahana

Ende, Ekorantt.com – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak untuk 86 desa di Kabupaten Ende, NTT akan digelar pada 13 Desember 2022.

Saat ini tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) sedang melakukan sosialisasi di desa-desa yang menggelar pemilihan kepala desa.

Saat dikonfirmasi terkait syarat calon kepala desa dari yang sedang menjabat, pihak Inspektorat mengatakan menunggu koordinasi dari Dinas Pemberdayaan untuk melakukan pemeriksaan pengelolahan dana desa bagi para kepala desa yang telah habis masa jabatan.

“Memang itu syarat. Dan kita tunggu koordinasi dari dinas PMD. Prinsipnya personil kita siap,” kata Kepala Inspektorat Ende Efraim Diakon Aina di ruang kerjanya, Jumat (19/8).

Efraim menjelaskan, pengawasan terhadap pengelolaan dana desa menjadi tanggung jawab semua pihak.

iklan

“Kalau nanti ada temuan, yah sesuai regulasi kita akan minta selesaikan. Agar mereka bisa mendapatkan rekomendasi untuk pencalonan,” ungkap Efraim.

Informasi yang dihimpun Ekora NTT, pelaksanaan pilkades serentak di Ende dibagi dalam 3 (tiga) gelombang sesuai rekapan akhir masa jabatan.

Pilkades serentak pertama terjadi pada tahun 2022 sebanyak 87 desa, gelombang kedua dilaksanakan pada tahun 2024 untuk 153 desa, sedangkan gelombang ketiga pada tahun 2026 sebanyak 17 desa.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA