Pintu Air Cabang Lokaria Komit Dorong Anggota untuk Berwirausaha

Maumere, Ekorantt.com – KSP Kopdit Pintu Air Cabang Lokaria yang baru diresmikan pada Senin (19/9/2022) berkomitmen untuk mendorong anggota agar sukses dalam berwirausaha.

Ketua Komite KSP Kopdit pintu Air Cabang Lokaria, Hendrikus Endi mengatakan komitmen tersebut kepada peserta yang menghadiri acara peresmian.

Dikatakannya, seiring perubahan status kantor cabang pembantu menjadi kantor cabang, Pintu Air Cabang Lokaria menggerakkan pelayanan kepada anggota agar mampu menumbuhkan ekonomi anggota.

Menurut Hendrikus, KCP Lokaria merupakan “anak” dari Kantor Cabang Maumere sejak 1 Oktober 2020.

Peningkatan status itu terjadi karena telah memenuhi persyaratan pokok yang meliputi; jumlah anggota minimal 1000 orang, jumlah simpanan anggota Rp1 miliar, dan jumlah pinjaman Rp2 miliar.

iklan

Sebagai buah dari kerja keras tim, sampai Agustus 2011, jumlah aset Kantor Cabang Lokaria mencapai Rp82 miliar lebih. Sedangkan jumlah pinjaman beredar mencapai Rp33 miliar lebih, simpanan saham Rp12 miliar lebih, dan simpanan non saham Rp33 miliar lebih.

“Sedangkan jumlah anggota dari tahun ke tahun terus meningkat dan sampai posisi bulan Agustus jumlah anggota menjadi 4.151 orang, yang tersebar di dua wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Kangae dan Kecamatan Alok Timur,” katanya.

Menurut Hendrikus, tujuan pemekaran kantor cabang, antara lain mendekatkan diri dengan anggota agar ekonomi anggota lebih cepat pulih dan anggota bangkit lebih kuat dalam berwirausaha.

Ia menambahkan, hal ini mengajarkan kepada masyarakat tentang cara hidup berkoperasi yakni dengan budaya menabung dan hidup hemat.

Hendrikus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergabung agar menjadi investor lokal dalam pengembangan ekonomi kerakyatan, terutama di wilayah Kecamatan Kangae dan Alok Timur.

Cabang Lokaria juga berkomitmen untuk bekerja sesuai program dari kantor pusat yang menjadi target jangka panjang yakni pada tahun 2025 sukses merekrut anggota sebanyak 1 juta orang.

“Kami dari Cabang Lokaria siap turun ke lapangan mengunjungi masyarakat di mana saja, sesuai moto Pintu Air, menjangkau yang tidak terlayani dan melayani yang tidak terjangkau, untuk bergabung dengan koperasi Pintu Air Cabang Lokaria,” tutur Hendrikus disambut gemuruh tepuk tangan peserta.

Hendrikus menilai, tantangan yang dihadapi adalah pola hidup masyarakat yang tidak konsisten dengan hidup hemat serta menabung.

Di samping itu, aktivitas pesta pora yang berlebihan serta kurangnya pemahaman mengatur ekonomi rumah tangga dan rendahnya sumber daya manusia membuat sebagian masyarakat terjebak dalam pinjaman online.

Hendrikus berharap, peresmian Kantor Cabang Lokaria menjadi sejarah kebersamaan untuk memajukan KSP Kopdit Pintu Air umumnya dan Cabang Lokaria, khususnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA