Persami Spendura Dorong Anak-Anak Hadapi Perubahan Zaman

Maumere, Ekorantt.com – “Spendura bisa, Spendura Jaya, Spendura luar biasa!”

Teriak anak-anak Pramuka SMP Negeri 2 Talibura (Spendura) dalam hentakan tepuk tangan meriah yang bergema di Bumi Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), tepat di halaman Spendura, Desa Tanarawa, Kecamatan Waiblama (28-29/01/2023).

Kepala SMP Negeri 2 Talibura, Yomans Fua Ndohdahsas mengatakan, kegiatan yang diikuti 145 peserta dan didampingi 20 pembina mengusung tema “Di Bawah Sang Merah Putih Kita Bersuluh Satya dan Dharma Pramuka.”

“Kegiatan Persami ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan bakat, keterampilan serta karakter dan jiwa kepemimpinan anak bangsa,” tegas Yomans dalam sambutan membuka Persami, Sabtu (28/01/2023).

Selanjutnya, mantan Wakasek urusan Kesiswaan SMP Negeri Werang ini menambahkan, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan semangat peserta didik untuk berkembang sebagai kader penerus bangsa dan menyongsong perubahan zaman dengan tetap mencintai alam.

“Persami ini juga melatih peserta didik untuk memiliki keterampilan kepramukaan dan bisa bertahan diri dan hidup di alam terbuka,” ujar mantan guru SMP Susilo Koting ini.

iklan

Sementara itu guru senior Stanislaus Tana mengungkapkan, sejak berdirinya tahun 2002, kepramukaan baru terlaksana 2 kali.

“Ini kegiatan pertama kali Persami yang diselenggarakan Spendura. Partisipasi aktif para pembina Kwarcab Kabupaten Sikka sebagai contoh yang selalu siap berjejak dan bertualang,” ujar Stanis dan diamini guru senior lainnya Yosep Niessen.

Pengukuhan dan Pelantikan

Yohanes Hefriyanto, guru dan pembina melaporkan bahwa ada proses melantik Pemerintah Perkemahan.

Momentum Persami Spendura yang membawa misi menumbuhkan semangat anak-anak menyambut perubahan zaman/Ekora NTT

Mereka yang dilantik dan dikukuhkan, kata Yohanes, adalah Lurah Yosep Niessen, RW 1 Yohan Hefriyanto, RW 2 Maria Mensi.
Sedangkan RT 1 Margareta Ervin, RT 2 Yakobus Duro, RT 3 Paskalis Gleko dan RT 4 Felicitas Rau.

Pemerintahan Perkemahan Spendura ini,  jelas Jefry, dilantik kakak pembina dari Kwarcab Sikka Laurensius Nurak dan Petrus Leu.

Laurensius pada kesempatan itu menggarisbawahi, nilai karakter yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kepramukaan seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri dan demokratis.

Selanjutnya, demikian Laurensius, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung-jawab.

Jefry juga mengungkapkan pada kegiatan cari jejak pada pos 4 ada kegiatan kerja bakti memilih batu dan menyusunnya di jembatan.

“Jembatan yang menghubungkan Desa Tanarawa dengan Natarmage rusak akibat hujan beberapa waktu lalu, maka kegiatan kerja bakti memilih batu dan menyusun di jembatan agar motor dan pikap bisa lewat,”  tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA