Empat Pesan Penting Mendiang Pater Geroge Kirchberger

Maumere, Ekorantt.com – Keluarga besar KSP Kopdit Pintu Air berdukacita atas berpulangnya Pater Geroge Kirchberger, SVD, salah satu pembina pada Senin, 5 Juni 2023.

Redaksi Ekora NTT menghimpun sejumlah penegasan dan pesan penting Pater Kirch, sapaannya, kepada segenap insan KSP Kopdit Pintu Air saat acara rekoleksi bersama pada 1 April 2023 lalu.

Rekoleksi bertema “Lahir Dalam Semangat Solidaritas, Bangkit Dalam Semangat Pelayanan, Tekun Dalam Semangat Persekutuan” itu jadi momentum penting untuk refleksi kerja-kerja pelayanan kepada anggota.

Saat itu Pater Kirch mengajak semua elemen dalam KSP Kopdit Pintu Air untuk melihat hari berdirinya pada 1 April 1995 di mana ada 50 anggota perdana.

“Mereka memberi harapan, dorongan, motivasi khusus melakukan pendirian lembaga untuk mencapai tujuan, memenuhi harapan,” kata Pater Kirch.

iklan

Pater Kirch menegaskan, ke-50 orang yang bergabung, mereka berjuang untuk memajukan kesejahteraan bersama dan masing-masing melalui usaha bersama.

Untuk itu, ia menghendaki supaya KSP Kopdit Pintu Air harus diwarnai semangat solidaritas awal pendiri.

“Koperasi adalah kerja sama, usaha bersama dan masing-masing anggota menyumbang apa yang ia miliki supaya bersama-sama memiliki daya untuk mengusahakan kesejahteraan yang diharapkan,” tandasnya.

Koperasi kecil dan besar punya keuntungan dan kelemahan, sehingga lanjut Pater Kirch, awal Kopdit Pintu Air didirikan, hal yang menguntungkan adalah para anggota saling mengenal sehingga ada komunikasi di antara mereka.

“Koperasi besar keuntungannya bahwa ada potensi lebih besar tetapi komunikasi dengan anggota jauh lebih sulit atau jauh lebih kecil, tetapi kita harus saling mendukung,” ajaknya.

Ia meminta supaya semua elemen dalam Kopdit Pintu Air berusaha sedapat mungkin menggabungkan keuntungan kelompok kecil dengan keuntungan lembaga yang lebih besar.

Kelompok, unit, basis, kata Pater Kirch, mesti aktif supaya keuntungan dari koperasi kecil bisa dipertahankan dalam koperasi besar.

Sebagai pesan akhir, Pater Kirch pun memberikan empat catatan penting bagi para pengurus dan manajemen KSP Kopdit Pintu Air.

Pertama, semangat solidaritas mesti dilestarikan melalui aktivitas dalam unit-unit, kelompok, basis lembaga KSP Kopdit Pintu Air dan semua mesti berusaha agar semangat solidaritas konkrit antar anggota dijalankan dengan baik.

Kedua, dalam pelayanan, komite dan manajemen dimana pun bekerja perlu untuk senantiasa meningkatkan semangat pelayanan dan mengenal lebih baik anggota yang dilayani.

Ketiga, komite dan manajemen KSP Kopdit Pintu Air wajib terus untuk saling berbagai pengalaman belajar salah satunya adalah memberikan contoh yang baik dalam cara berkomunikasi ketika melayani anggota.

Keempat, berkaitan dengan peringatan 10 tahun Pontifikat Paus Fransiskus dengan penegasan pada Pelestarian Lingkungan Hidup dan bagaimana sikap lembaga KSP Kopdit Pintu Air.

Pater Kirch meminta agar Kopdit Pintu Air perlu juga memperhatikan aspek lingkungan hidup dalam model dan cara kerjanya.

Menurutnya semangat Laudato Si dari Paus Fransiskus musti juga mewarnai segenap komite, manajemen dan sampai pada anggota KSP Kopdit Pintu Air yang merawat lingkungan tempat ia hidup.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA