Pemuda di Ngada akan Gelar Festival Kuliner Lokal

Bajawa, Ekorantt.com – Kelompok pemuda Desa Ruto, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada akan menggelar festival kuliner untuk kembali mengangkat makanan lokal setempat. Kegiatan itu diberi nama Lekoena Local Culinary Festival.

Ketua panitia penyelenggara, Donatus Dhae, menjelaskan pergelaran festival itu akan dilaksanakan pada 23-25 Juni 2023 di pantai Lekoena desa setempat.

Menurut Donatus kegiatan itu dilaksanakan untuk mengangkat potensi wisata setempat dan kuliner lokal yang sudah melegenda sejak zaman dulu.

“Ada Ika Lawa adalah makanan khas yang populer di masyarakat pesisir pantai selatan. Ikan yang digunakan juga berasal dari laut selatan,” ujar dia di Bajawa, Rabu (21/6/2023).

Pihaknya juga akan menyajikan makanan lokal lain seperti Puka Lawa, Uge Muku, Tabha, Ra’a Rete, Kubi, Uwi Boa, dan lain-lain.

iklan

Menurutnya sejumlah kuliner itu sengaja disajikan oleh masyarakat untuk kembali untuk menjaga makanan warga setempat yang ada sejak zaman dulu.

Untuk memanjakan mata wisatawan yang akan datang, pihaknya akan menyelenggarakan perlombaan. Salah satunya perlombaan dayung perahu oleh warga setempat.

Selanjutnya, akan disajikan dengan hiburan oleh seniman musik mulai dari Ruto akustik hingga seniman musik solo dari Kabupaten Ngada.

“Kegiatan ini bertujuan mengangkat potensi wisata hingga kuliner warga Desa Warupele I dan Desa Ruto,” jelasnya.

Ia menambahkan tujuan lain dari kegiatan festival ini adalah penggalangan dana untuk melengkapi sarana dan prasarana Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Inerie.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA