Pemkot Kupang Lakukan Pembersihan DAS Kali Dendeng

Kupang, Ekorantt.com – Pemerintah Kota Kupang bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Forum Masyarakat Peduli Sungai Dendeng (Formapes) melakukan aksi penanaman pohon dan kerja bakti pembersihan daerah aliran sungai (DAS) Kali Dendeng, Kamis, 27 Juli 2023.

Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh mengatakan bahwa usaha untuk memelihara sungai merupakan upaya semua pihak. Upaya itu juga harus dilakukan secara berkelanjutan.

“Air merupakan suatu kebutuhan primer bagi kita, oleh karena itu saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mari kita peduli dengan kebersihan,” kata George.

George meminta semua pihak untuk mengendalikan sampah mulai dari darat dan juga sungai, mencegahnya agar tidak begitu saja mengalir ke laut.

“Saya minta tiap kelurahan yang memiliki aliran sungai buat trap atau perangkap air agar dapat digunakan untuk pertanian, peternakan dan berbagai macam kebutuhan,” ujarnya.

iklan

Menurutnya, mimpi untuk menjadikan lingkungan dan alam yang bersih dapat terwujud apabila ada kerja sama dan kolaborasi yang baik antara semua elemen masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Kepala BWS NT II, Kepala BWS NT II, Fernando Rajagukguk mengatakan, kegiatan aksi bersih sungai dan tanam pohon dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sungai Sedunia.

Aksi tersebut difokuskan di Kali Dendeng yang merupakan lokasi SPAM Kali Dendeng. Diketahui, SPAM Kali Dendeng melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Kupang yang dibangun oleh Kementerian PUPR dan dikelola Perumda Air Minum Kota Kupang.

Fernando bilang, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan edukasi bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai.

“Saya imbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai agar tetap lestari dan berkelanjutan,” pungkasnya.

Fernando, pada kesempatan yang sama, menyerahkandua buah mesin pencacah sampah kepada Formapes Kali Dendeng dengan harapan, ke depan dapat mengelola sampah yang dihasilkan oleh masyarakat di sekitar DAS Dendeng.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA