Warga Apresiasi Komitmen Pemerintah Benahi Kebersihan Pasar Naikoten

Kupang, Ekorantt.com – Warga mengapresiasi komitmen Pemerintah Kota Kupang membenahi kebersihan Pasar Naikoten. 

Dari yang sebelumnya semrawut dengan banyak sampah berserakan, kini Pasar Naikoten terlihat bersih. 

Monika, salah satu warga yang ditemui Ekora NTT di Pasar Kasih Naikoten pada Sabtu, 5 Agustus 2023 mengaku puas melihat kondisi pasar yang terlihat bersih.

“Pastinya puas melihat ini. Kalau kita belanja saat pasar bersih pasti kita sedikit lebih betah. Jalan-jalan juga bersih apalagi tidak bau,” ujarnya. 

Hal yang sama juga disampaikan Mama Lani. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang yang telah menjaga kebersihan di Pasar Kasih Naikoten.

iklan

Menurut Mama Lani, sebagai pasar terbesar di Kota Kupang, sudah sepantasnya Pasar Kasih Naikoten harus bersih. 

“Pasar ini juga wajah kota Kupang. Memang sudah pantas pasar harus bersih. Kan kalau tamu datang dan belanja pasti mereka senang karena bersih. Ada kesan bagus,” katanya.

Dirinya berharap, kebersihan yang telah ada dipertahankan. Penjual dan petugas di pasar harus selalu memperhatikan soal kebersihan pasar.

Terpisah, Kepala unit PD Pasar Kasih Naikoten, Martinus, mengatakan, kebersihan yang terlihat sekarang adalah bentuk dukungan terhadap program dari Pemerintah Kota Kupang.

Ia menjelaskan, petugas kebersihan di Pasar Kasih Naikoten berjumlah tujuh orang. Mereka bekerja pagi dan malam hari dengan sistem shift.

Pada malam hari mereka bekerja pada pukul 23.00 sampai 01.00 Wita. Sedangkan petugas pagi pada pukul 05.00 sampai 08.00 Wita.

“Setiap hari mobil sampah angkut sampah dari pasar ini 2 kali dalam sehari,” terangnya.

Untuk menjaga pasar tetap bersih, ia mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan penjual. Penjual selalu diminta untuk menyediakan plastik sampah. 

Hal ini dilakukan agar tidak ada penumpukan sampah di area jualan para pedagang. Usai berjualan pedagang langsung membawa dan buang sampah di TPS terdekat.

“Ternyata pola ini mampu membantu petugas saat membersihkan sampah. Penjual sangat membantu petugas menjaga kebersihan,” ujarnya.

Dirinya sangat berharap agar masyarakat khususnya para pedagang di pasar kasih untuk tetap mempertahankan  pola hidup bersih. 

Sementara di tempat terpisah, salah satu pedagang sayur di Pasar Kasih Naikoten, Mada Rasa bangga dengan kondisi pasar yang terlihat bersih.

Ia mengakui bahwa kehadiran penjabat Wali Kota Kupang yang datang membersihkan sampah di pasar mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan di lingkungan pasar.

Pedagang, katanya, diberikan kesempatan berjualan dengan catatan harus menjaga kebersihan. 

“Kami sehabis berjualan langsung membersihkan tempat jualan kami sehingga sampah tidak ada di  sekitar area jualan kami,” ungkapnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA